Selasa 02 Jun 2020 17:12 WIB

Protokol Latihan Klub IBL Disosialisasikan Awal Juni

Saat ini protokol tersebut masih dalam tahap finalisasi.

Rep: Fitriyanto/ Red: Endro Yuwanto
Logo IBL 2020
Foto: IBL
Logo IBL 2020

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Protokol kesehatan untuk latihan klub-klub bola basket IBL di tengah pandemi Covid-19 rencananya akan disosialisasikan awal bulan Juni ini. Saat ini protokol tersebut masih dalam tahap finalisasi.

"Finalisasi protokol kesehatan bagi klub klub IBL dalam menjalankan tahapan latihan sedang kami rumuskan, dan akan disosialisasikan awal Juni ini," kata Direktur Utama IBL, Junas Miradiarsyah, dalam keterangan tertulis, Senin (1/6).

Panduan dipersiapkan sebelumnya agar sudah siap ketika izin dari pemerintah sudah terbit untuk klub memulai latihan dalam menghadapi rencana lanjutan kompetisi. "Kami menunggu keputusan resmi pemerintah kapan fase kegiatan olahraga boleh dilakukan di saat fase new normal mendatang," jelasnya.

IBL berencana melanjutkan kompetisi langsung di babak playoff dengan mengacu pada peringkat terakhir sebelum kompetisi IBL 2020 dihentikan ketika memasuki seri keenam yang seharusnya berlangsung di GOR Bima Sakti, Malang, Maret lalu.

Sebelumnya, Menpora Zainuddin Amali juga menyatakan pihaknya masih menunggu keputusan pemerintah kapan kegiatan latihan dan kompetisi olahraga boleh diselenggarakan.

Menpora sudah menyiapkan panduan umum, namun meminta semua cabang olahraga, termasuk bola basket merancang panduan spesifik terkait cabang masing masing.

Sementara itu, Kementerian Dalam Negeri juga telah menerbitkan protokol menghadapi kelaziman baru. Untuk kegiatan olahraga diminta tidak menghadirkan penonton.

"Kompetisi tanpa penonton adalah sebuah dilema bagi kami. Kami harus membicarakan dengan pihak-pihak terkait seperti klub dan para sponsor," pungkas Junas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement