Wednesday, 17 Zulqaidah 1441 / 08 July 2020

Wednesday, 17 Zulqaidah 1441 / 08 July 2020

Konsumsi Daging Berkualitas Bantu Jaga Imunitas Tubuh

Selasa 02 Jun 2020 14:46 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Nora Azizah

Protein di dalam daging sapi bisa perbaiki sel tubuh hingga tingkatkan fungsi otak (Foto: ilustrasi daging sapi berkualitas)

Protein di dalam daging sapi bisa perbaiki sel tubuh hingga tingkatkan fungsi otak (Foto: ilustrasi daging sapi berkualitas)

Foto: britannica.com
Protein di dalam daging sapi bisa perbaiki sel tubuh hingga tingkatkan fungsi otak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam menjaga sistem kekebalan tubuh, minum vitamin dan suplemen saja tidaklah cukup. Pola makan yang sehat dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Ketua Pusat Kajian Gizi dan Kesehatan (PKGK) FKM Universitas Indonesia, Ir Ahmad Syafiq, MSc, PhD, mengatakan, untuk menjaga imunitas diperlukan beragam asupan gizi, salah satunya protein hewani yang tentunya dikonsumsi sesuai dengan pedoman gizi seimbang. Protein hewani dengan kandungan asam amino esensial memiliki bermacam fungsi, salah satunya memperbaiki sel yang rusak serta menjaga imunitas.

Baca Juga

"Sumber protein hewani dapat ditemui dari berbagai sumber, misalnya susu, daging, dan telur,” jelas Ahmad Syafiq, dikutip republika.co.id, Selasa (2/6).

Syafiq mengatakan, protein hewani yang terkandung dalam daging sapi sangat bermanfaat untuk memperbaiki sel tubuh yang rusak, hingga meningkatkan fungsi otak. Sedangkan zat besi berfungsi sebagai pengikat oksigen dalam tubuh, membantu proses metabolisme, dan menjaga suhu tubuh agar tetap stabil.

Syafiq mengungkapkan pentingnya mengonsumsi daging sapi yang berkualitas. Sebab, daging sapi dapat meningkatkan daya tahan tubuh atau sistem imun.

"Sehingga kita tidak mudah terserang penyakit di saat pandemi seperti sekarang ini," kata Syafiq.

Marketing PT Great Giant Livestock, Anjani Miranti, mengatakan, kebutuhan nutrisi yang berasal dari daging sapi bagi masyarakat Indonesia masih tinggi. Sebab berdasarkan data Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) yang dirilis pada 2018, konsumsi daging pada masyarakat Indonesia pada 2017 baru mencapai rata-rata 1,8 kg untuk daging sapi.

Rata-rata tingkat konsumsi daging di Indonesia juga masih jauh di bawah rata-rata tingkat konsumsi dunia yang mencapai 6,4 kg daging sapi. "Gizi dan nutrisi dalam daging sapi sangat baik untuk semua orang, terutama yang aktif berkegiatan," ujarnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA