Monday, 22 Zulqaidah 1441 / 13 July 2020

Monday, 22 Zulqaidah 1441 / 13 July 2020

Pedagang Positif Covid-19, 3 Pasar di Pabuaran Cirebon Ditutup

Selasa 02 Jun 2020 13:09 WIB

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com

Tiga pasar tradisional di Pabuaran, Kabupaten Cirebon, ditutup Rabu (3/6/2020).

CIREBON, AYOBANDUNG.COM -- Sebanyak 3 pasar tradisional di Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Cirebon, akan mulai ditutup Rabu (3/6/2020). Penutupan akan dilakukan selama tiga hari menyusul ditemukannya seorang pedagang di Pasar Pabuaran yang terkonfirmasi Covid-19.

Kepala Bagian Humas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cirebon, Nanan Abdul Manan mengemukakan, ketiga pasar yang akan ditutup sementara, masing-masing Pasar Pabuaran Kidul, Pasar Pabuaran Lor, dan Pasar Pabuaran Wetan.

"Penutupan akan dilaksanakan 3-5 Juni 2020," katanya, Selasa (2/6/2020).

AYO BACA : Pedagang Positif Covid-19, Pasar di Kabupaten Cirebon Akan Ditutup Rabu

Keputusan penutupan ketiga pasar itu didasarkan pada hasil musyawarah desa, yang dihadiri masing-masing kuwu (kepala desa) dan pengelola pasar, puskesmas, dan muspika Pabuaran, Senin (1/6/2020) malam.

Menurutnya, seluruh yang hadir menyepakati dan mendukung penutupan sementara selama 3 hari itu demi mencegah penyebaran Covid-19. Perwakilan desa maupun pengelola pasar bahkan akan menggencarkan imbauan pentingnya tes swab.

"Mereka siap menyosialisasikan pelaksanaan tes swab di area pasar," tambahnya.

AYO BACA : New Normal, Sejumlah Objek Wisata Budaya di Cirebon Dibuka Hari Ini

Untuk antisipasi penyebaran Covid 19, Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Cirebon melakukan skrining kepada para pedagang, pengunjung tetap, serta pengurus dan pengelola pasar tradisional.

Skrining juga akan dilakukan terhadap para petugas kesehatan yang melaksanakan skrining pasar tradisional pada 29 Mei 2020. Selain skrining, ketiga pasar pun disemprot cairan disinfektan sebagai upaya lain mencegah penyebaran Covid-19.

Sementara itu, tes swab massal di ketiga pasar di Pabuaran dilaksanakan hari ini. Sedikitnya 300 orang dari tiap pasar menjadi sasaran tes.

Sampai 2 Juni 2020, jumlah pasien terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Cirebon tercatat 13 orang. Selain itu, terdata pula 57 pasien dalam pengawasan (PDP) dan 203 orang dalam pemantauan (ODP).

Sementara, jumlah orang tanpa gejala (OTG) kini mencapai 118 orang. Jumlah itu bertambah 8 orang dari sehari sebelumnya 110 orang.

AYO BACA : PSBB Kabupaten Cirebon Selesai, AKB Akan Diterapkan per 1 Juni

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA