Friday, 19 Zulqaidah 1441 / 10 July 2020

Friday, 19 Zulqaidah 1441 / 10 July 2020

Enam Petugas di Puskesmas Kaliwungu Positif Covid-19

Selasa 02 Jun 2020 12:46 WIB

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra

Puskesmas Kaliwungu di Kabupaten Kudus.

Puskesmas Kaliwungu di Kabupaten Kudus.

Foto: Wiki
Pelayanan Puskesmas Kaliwungu ditutup untuk sementara waktu.

REPUBLIKA.CO.ID, KUDUS -- Pelayanan di Puskesmas Kaliwungu, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, ditutup sementara dan pelayanan dialihkan ke puskesmas terdekat. Hal itu menyusul adanya temuan kasus enam tenaga kesehatan di puskesmas tersebut yang dinyatakan positif terpapar Covid-19.

Berdasarkan pantauan di lapangan, Selasa (2/6), meskipun pelayanan di Puskesmas Kaliwungu ditutup sementara, sejumlah warga tetap berdatangan untuk berobat karena belum mengetahui informasi penutupan sementara.

"Saya baru mengetahui layanan di Puskesmas Kaliwungu ditutup sementara baru hari ini (2/6) karena informasinya juga mendadak," kata Supar, salah satu warga yang telanjur datang ke Puskesmas Kaliwungu, Selasa.

Rencananya, ia hendak meminta obat karena sebelumnya sudah periksa dan pengambilan obatnya dijadwalkan pada Selasa. Supar mengakui, belum mengetahui layanan pengambilan obat tersebut apakah dialihkan ke Puskemas lain atau seperti apa.

Juru Bicara Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 Kabupaten Kudus, Andini Aridewi mengatakan, pelayanan di Puskesmas Kaliwungu untuk sementara memang ditutup karena sedang dilakukan pemilahan tenaga kesehatan yang lain, menyusul adanya temuan kasus positif Covid-19.

Untuk itu, kata dia, membutuhkan waktu dalam rangka pencegahan penularan, ketika terjadi kasus-kasus positif yang lain, ditutup sementara terlebih dahulu.

Pelayanan kesehatan masyarakat di Kecamatan Kaliwungu, menurut Andini, dialihkan sementara ke Puskesmas Gribik dan Sidorekso sampai proses skrining selesai dilakukan.

Temuan kasus tenaga kesehatan di Puskesmas Kaliwungu terkonfirmasi positif Covid-19, awalnya satu orang. Kemudian, lanjut dia, dalam rangka penelusuran kontak dilakukan swab terhadap 73 orang yang mayoritas tenaga kesehatan serta dua warga yang pernah kontak.

Dari hasil swab tersebut, dua orang tenaga kesehatan dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 pada Ahad (31/5). Kemudian pada Senin (1/6), ada tambahan lagi tiga kasus terkonfirmasi positif Covid-19. "Total enam orang yang terkonfirmasi positif Covid-19, dua orang di antaranya berdomisili di luar Kudus dan empat orang merupakan warga Kudus," ujarnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA