Wednesday, 24 Zulqaidah 1441 / 15 July 2020

Wednesday, 24 Zulqaidah 1441 / 15 July 2020

Perbaharui Keimanan dengan Kalimat La Ilaha Illallah

Selasa 02 Jun 2020 09:38 WIB

Rep: Ali Yusuf/ Red: Muhammad Hafil

Kalimat La Ilaha Illallah untuk memperbaharui keimanan.. Foto: Keimanan/Ilustrasi

Kalimat La Ilaha Illallah untuk memperbaharui keimanan.. Foto: Keimanan/Ilustrasi

Foto: Republika/Tahta Aidilla
Kalimat La Ilaha Illallah untuk memperbaharui keimanan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--laiknya suatu perangkat, keimanan seseorang bisa menurun bahkan hilang. Untuk itu keimanan sesorang harus segera diperbaharui agar keimanan tetap kokoh ada di dalam hati. Betapa malangnya seseorang yang melepaskan keimanannya kepada Allah swt setelah dia beriman.

Syekh Maulana Muhammad Yusuf al Kandahlawi mengatakan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam telah mengajari umatnya bagaimana cara memperbaiki atau memperbaharuhi iman umatnya. Menurutnya cukup seseorang umat Islam memperbanyak mengucapkan "Laa ilaha illallah".

Hal itu kata Syekh Maulana Muhammad Yusuf al- Kandahlawi disampaikan dalam kitabnya Muntakhab Ahadits. Jadi cara memperbaharui ima itu telah sesuai hadits Rasulullah.

"Dari Abu Hurairah RA berkata, Rasulullah bersabda perbaharuilah keimanan kalian!" Ditanyakan," "Ya Rasulullah, bagaimanakah kami memperbaharui Iman kami? Beliau bersabda, "Perbanyaklah mengucapkan La ilaha illallah." (H.r. Ahmad dan Thabrani).

Syekh Maulana Muhammad Yusuf Al-Kandahlawi mengatakan, bahwa mengucapkan La ilaha illallah merupakan dzikir yang paling utama.  Hal tersebut kata dia sesuai hadits Rasulullah dari Jabir bin Abdillah, ia berkata.

"Aku mendengar Rasulullah saw bersabda, dzikir yang paling utama adalah La ilaha ilallah dan doa yang paling utama adalah Alhamdulillah." (HR Tirmidzi).

Begitu utamanya kalimat tauhid ini, sampai-sampai kata Syekh Maulana bisa memasukan seorang pendosa ke dalam surga jika di akhir hayatnya orang itu mengucapkan kalimat  "La ilaha illallah."

Hal ini kata Syekh Maulana sesuai hadis Rasulullah. Dari Abu Dzar RA, ia berkata Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda, "Jika seorang hamba mengucapkan La Ilaha illallah lalu ia mati di atas kalimat tersebut, maka pasti masuk ke dalam surga. "Aku berkata, Meskipun ia berzina dan mencuri Nabi saw menjawab meskipun ia berzina dan mencuri."

Pertanyaan sama ini disampai Abu Dzar  sampai tiga kali dan Rasulullah menjawabnya dengan jawaban yang sama. ..."Meskipun ia berzina dan mencuri, meskipun Abu Dzar tidak menyukainya." (HR Buhari).

Banyak lagi keutaman lain tentang kalimat La ilaha illallah jika dibacakan seseorang baik yang telah beriman maupun yang belum beriman. Yang sudah beriman maka akan semakin kuat keimanannya dan yang belum beriman akan menjadi orang yang beriman ketika mengucakpan kalimat dilengkapi dengan syahadat . "Asyhadu an la ilaha illallah wa asyhadu anna muhammadar rasulullah.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA