DPR Minta Selalu Ada Nilai Pancasila di Kebijakan Pemerintah

Anggota DPR meminta ada nilai-nilai Pancasila termasuk dalam penanganan Covid-19

Senin , 01 Jun 2020, 22:59 WIB
Dr.  Hj. Netty Prasetiyani, M.Si.,  Wakil Ketua Fraksi PKS DPR RI
Foto: dok. Istimewa
Dr. Hj. Netty Prasetiyani, M.Si., Wakil Ketua Fraksi PKS DPR RI

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani meminta setiap kebijakan pemerintah mewujudkan nilai-nilai Pancasila, khususnya kebijakan saat penanganan COVID-19.

"Pemerintah harus kita dorong agar setiap kebijakan yang diambil, apalagi penanganan COVID-19, sesuai dengan nilai-nilai Pancasila," kata Netty Prasetiyani dalam rilis yang diterima di Jakarta, Senin (1/6).

Politikus Partai Keadilan Sejahtera itu menegaskan bahwa pemerintah juga harus berani menguji kembali setiap kebijakannya apakah selama ini setiap kebijakan yang diambil pemerintah sudah dilandasi dengan nilai luhur Pancasila atau tidak.

Ia menyoroti bagaimana pelayanan kesehatan selama ini. Menurut Netty, seharusnya setiap rakyat memiliki hak yang sama untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dari negara. Hal itu dijamin oleh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

"Ke depannya jangan sampai (pelayanan kesehatan) memandang kelas," kata Netty. Netty mengutarakan bahwa pandemi COVID-19 adalah ujian kebangsaan yang akan menentukan arah perjalanan bangsa ini ke depan.

Sebagai bangsa yang memiliki Pancasila, Indonesia seharusnya mampu melakukan penanganan yang baik untuk seluruh warga negaranya."Sebaliknya bila gagal menangani, bukan tidak mungkin akan meninggalkan krisis multidimensi pada masa depan," kata Netty.

Sumber : Antara