Puan: Indonesia Butuh Gotong Royong Berskala Besar

Puan Maharani menegaskan Indonesia saat ini membutuhkan sikap gotong royong

Selasa , 02 Jun 2020, 04:01 WIB
Ketua DPR Puan Maharani menegaskan Indonesia saat ini membutuhkan sikap gotong royong. Ilustrasi.
Foto: DPR
Ketua DPR Puan Maharani menegaskan Indonesia saat ini membutuhkan sikap gotong royong. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPR Puan Maharani menegaskan Indonesia saat ini membutuhkan sikap gotong royong berskala besar dalam menghadapi pandemi Covid-19. Menurutnya sikap gotong royong perlu dilakukan oleh setiap elemen masyarakat, baik oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah, swasta, hingga masyarakat dalam upaya penanggulangan wabah Covid-19.

"Sebagai bagian dari gotong royong berskala besar kami di DPR-RI selama beberapa bulan terakhir memfokuskan tugas konstitusional kami dalam melawan Covid-19 melalui fungsi pengawasan, fungsi anggaran, dan fungsi legislasi DPR," kata Puan dalam keterangan tertulisnya, Senin (1/6).

Baca Juga

Selain itu Puan mengungkapkan DPR telah menggelar lebih dari 150 rapat yang berkaitan dengan penanggulangan Covid-19 dan dampaknya pada masa persidangan III pada 30 Maret - 12 Mei 2020 lalu. Mantan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) tersebut juga mengingatkan pemerintah agar tidak terburu-buru dalam melaksanakan kebijakan new normal agar tidak memunculkan kebingungan baru di masyarakat.

"Diperlukan prakondisi dan protokol yang dipahami bersama dengan masyarakat sebab rincian new normal untuk setiap jenis kegiatan dan wilayah tentu berbeda-beda," ujarnya.

Sebelumnya Puan mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila pagi tadi secara daring dari kediamannya di Kuningan, Jakarta. Dalam peringatan Hari Lahir Pancasila kali ini Puan bertugas membacakan naskah Pembukaan UUD 1945. Dirinya menuturkan bahwa dalam pidato Soekarno 1 Juni 1945 lalu dijelaskan intisari dari Pancasila adalah gotong royong.

"Gotong royong dijelaskan Soekarno sebagai suatu paham yang dinamis, lebih dinamis dari kekeluargaan. Gotong royong menggambarkan satu usaha, satu amal, satu pekerjaan, gotong royong adalah pembantingan tulang bersama, pemerasan keringat bersama, perjuangan bantu-binantu bersama," jelasnya.

Ia menambahkan gotong royong merupakan amal untuk kepentingan bersama, serta keringat bersama untuk kebahagiaan bersama. "Holopis kuntul baris buat kepentingan bersama itulah gotong royong. Gotong royong adalah jiwa bangsa Indonesia, jiwa persaudaraan, jiwa kekeluargaan,  jiwa kerja bersama," ungkapnya.