Monday, 15 Zulqaidah 1441 / 06 July 2020

Monday, 15 Zulqaidah 1441 / 06 July 2020

Untuk Floyd, Rekor Flick, dan Kembang Api di Dresden

Selasa 02 Jun 2020 02:57 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Agung Sasongko

 Selama lima detik, Marcus Thuram berlutut dan menundukan kepalanya usai mencetak gol pembuka Borussia Moenchengladbach

Selama lima detik, Marcus Thuram berlutut dan menundukan kepalanya usai mencetak gol pembuka Borussia Moenchengladbach

Foto: EPA-EFE/MARTIN MEISSNER
Setidaknya ada tiga hal utama yang menjadi sorotan dari pentas Liga Jerman

REPUBLIKA.CO.ID,  MUENCHEN -- Setidaknya ada tiga hal utama yang menjadi sorotan dari pentas Liga Jerman pada sepanjang akhir pekan ini. Mulai dari solidaritas dan dukungan dari sejumlah pemain Bundesliga kepada George Floyd, rekor baru Hansi Flick bersama Bayern Muenchen, hingga kembang api dari para supporter Dynamo Dresden.

Dukungan untuk George Floyd

Setidaknya ada empat pemain yang mengungkapkan aksi solidaritas dan dukungan terhadap George Floyd, pria Afro-Amerika yang meninggal dunia akibat tindak kekerasan aparat kepolisian di Kota Minneapolis, awal pekan lalu. Gelandang Schalke 04, Weston McKennie, penyerang Borussia Monchenglabach, Marcus Thuram, dan winger Borussia Dortmund, Jadon Sancho, dan bek sayap Dortmund, Achraf Hakimi, menunjukan aksi solidaritas untuk Floyd dengan cara yang berbeda-beda.

Pada Sabtu (30/5) waktu setempat, saat Schalke 04 menghadapi Werder Bremen, Weston mengenakan pita bertuliskan ''Keadilan untuk George Floyd'' di lengannya. Keesokan harinya, Thuram sempat berlutut dan menundukan kepala selama lima detik usai mencetak gol perdananya di laga Monchenglabach kontra Union Berlin.

Sementara, Jadon Sancho, yang mencetak tiga gol kala Dortmund menggilas Paderborn, 6-1, sempat melepas jerseynya kala merayakan gol perdananya di laga tersebut. Setelah itu, winger berusia 20 tahun itu menunjukan kaos bertuliskan,''Keadilan untuk George Floyd''.

Kendati senang bisa menorehkan hattrick pertama di karier profesionalnya, tapi Sancho mengakui momen ini terasa menjadi momen yang pahit buat dirinya. ''Karena ada hal yang lebih penting yang terjadi di dunia saat ini. Kita harus mengingatkan dan membantu untuk melakukan perubahan. Kita tidak perlu takut berbicara kebenaran, dan mesti bersatu menuntut keadilan. #Keadilan untuk George Floyd,'' tulis Sancho di akun instagramnya.

Aksi serupa juga dilakukan rekan setim Sancho di laga tersebut. Hakimi sempat menunjukan tulisan ''Keadilan untuk George Floyd'' usai mencetak gol kelima Dortmund di laga yang digelar di Stadion Benteler-Arena tersebut.

Rekor Flick bersama Muenchen

Bayern Muenchen terbukti belum terbendung dalam perburuan gelar juara Bundesliga musim ini. Setelah membungkam Borussia Dortmund, 1-0, di laga Der Klassiker, tengah pekan lalu, Muenchen melanjutkan tren positif dengan kemenangan 5-0 atas Fortuna Dusseldorf pada pekan ke-29 Bundesliga, Sabtu (30/5) waktu setempat.

Dengan kemenangan ini, Muenchen sukses menjaga keunggulan tujuh poin di puncak klasemen sementara, dengan torehan 67 poin. Muenchen pun tercatat menjadi tim pertama yang mampu memetik kemenangan beruntun dalam empat laga usai Bundesliga musim ini kembali digelar pasca pandemi Covid-19.

Tidak hanya itu, kemenangan itu mempertajam catatan rekor performa Die Bayern, dengan torehan tidak pernah kalah di pentas Bundesliga sejak Desember tahun lalu atau dalam 15 laga. Pun dengan rekor baru dalam hal produktivitas gol. Torehan 86 gol dari 29 laga merupakan jumlah gol terbanyak Muenchen di sepanjang partisipasi di Bundesliga dalam periode yang sama.

Rekor lebih istimewa ternyata ditorehkan pelatih Muenchen, Hansi Flick. Ditunjuk menggantikan Niko Kovac pada November silam, pelatih berusia 55 tahun itu terbukti mampu mengangkat performa Die Bayern. Bahkan, Flick menjadi pelatih dengan catatan kemenangan terbaik dalam 25 laga pertama menukangi Muenchen, yaitu dengan capaian 22 kemenangan.

Dengan kata lain, Flick menjadi pelatih Muenchen pertama yang mampu mengantarkan tim asal Bavaria itu memetik 22 kemenangan dalam 25 laga perdana menangani Muenchen. Rekor yang tidak mampu ditorehkan pelatih asal Spanyol, Pep Guardiola, saat dipercaya menangani Muenchen pada 2013 silam.

Namun, asisten pelatih timnas Jerman di Piala Dunia 2014 itu tidak tertarik dengan capaian rekor ini. Menurutnya, yang terpenting adalah mengantarkan Muenchen meraih gelar pada musim ini, termasuk mempertahankan titel Bundesliga untuk kedelapan kalinya secara beruntun. ''Saya tidak tertarik dengan statistik dan rekor. Buat saya, yang terpenting adalah memiliki musim yang sukses,'' kata Flick seperti dikutip AFP.

Kembang Api di Dresden

Setelah menjalani karantina selama 14 hari lantaran ada staff klub dan pemain yang terjangkit virus Covid-19, Dynamo Dresden akhirnya kembali merumput di pentas Bundesliga 2 pada Ahad (31/5) waktu setempat. Laga kandang menghadapi Stuttgart menjadi partai pertama Dynamo Dresden setelah 84 hari absen dari lapangan hijau.

Laga perdana tim berjuluk Dynamo itu pun disambut suka cita dan antusiasme oleh para supporter setia Dynamo Dresden. Bahkan, sehari sebelum laga digelar, para supporter Dynamo Dresden mencoba memberikan semangat kepada para pemain lewat pertunjukan kembang api tepat di depan hotel tempat para pemain menginap.

Pertunjukan kembang api itu dilengkapi dengan spanduk panjang bertuliskan,''Bersama-sama menghadapi seluruh dunia''. Namun, antusiasme dan semangat para supporter Dynamo Dresden itu tidak bisa membantu banyak performa tim besutan Markus Kauczinski. Dresden akhirnya harus rela dibekuk tim tamu, 0-2, dalam laga yang digelar di Stadion Rudolf Harbig. Atas hasil ini, Dresden kian terpuruk di dasar klasemen sementara Bundesliga 2.

''Kami datang dari balkon dan teras rumah. Dalam dua pekan terakhir, kami hanya bisa berlatih di ruang tamu dan teras rumah kami masing-masing,'' kata pelatih Dresden, Marcus Kauczinkski, soal penyebab kegagalan timnya memetik poin penuh di laga tersebut.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA