Senin 01 Jun 2020 14:26 WIB

Balita 1,5 Tahun di Jember Tertular Covid-19 dari Orang Tua

Orang tua balita merupakan peserta pertemuan Jamaah Tabligh di Gowa.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jember, Gatot Triyono.
Foto: Dok pribadi
Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jember, Gatot Triyono.

REPUBLIKA.CO.ID, JEMBER -- Seorang anak usia di bawah lima tahun (balita) tertular di Jember tertular Covid-19 dari orang tuanya, yang merupakan bagian dari klaster penularan virus corona di kalangan peserta pertemuan anggota Jamaah Tabligh di Gowa, Sulawesi Selatan.

"Kasus ke-35 yang terkonfirmasi positif salah satunya adalah anak berusia 1,5 tahun yang merupakan warga Desa Cumedak, Kecamatan Sumberjambe," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jember, Gatot Triyono di Kabupaten Jember, Senin (1/6).

"Pasien ke-35 yang terkonfirmasi positif merupakan anak dari pasien ke-34 dan kontak erat dengan kasus positif ke-22 yang merupakan klaster Gowa," Gatot menambahkan.

Menurut Gatot, balita yang terpapar virus coronadalam kondisi sehat dan masih menjalani karantina di rumah sakit. Dia menjelaskan, balita itu terindikasi tertular corona dalam pemeriksaan menggunakan alat tes diagnostik cepat pada 20 Mei 2020 dan diisolasi di rumah sakit pada 22 Mei.

"Pengambilan (pemeriksaan) swab dilakukan pada 23 dan 24 Mei 2020, kemudian dinyatakan positif Covid-19 pada Ahad (31/5) malam," katanya.

Menurut Gatot, ibu balita tersebut merupakan pasien Covid-19 yang ke-34 di Jember yang tinggal di Desa Cumedak, Kecamatan Sumberjambe. "Pasien positif ke-34 itu suaminya baru pulang dari ijtima Gowa bersama pasien positif ke-22 yang merupakan tetangganya, sehingga riwayatnya memiliki kontak erat dengan pasien positif ke-22," ujarnya.

Ibu balita tersebut terindikasi tertular corona dalam pemeriksaan pada 20 Mei 2020 dan kemudian diisolasi di rumah sakit. Dia dinyatakan positif terserang Covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan lanjutan pada 23 dan 24 Mei 2020.

Jumlah pasien positif Covid-19 di Jember pada (31/5) bertambah delapan orang, menjadi total 41 orang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement