Senin 01 Jun 2020 01:40 WIB

Fosil Mirip Kaki Seribu Diduga Jadi Hewan Darat Tertua Dunia

Fosil menyerupai kaki seribu tersebut ditemukan di Skotlandia.

Sebuah fosil mirip kaki seribu di Skotlandia diduga jadi hewan darat tertua di dunia (Foto: ilustrasi peneliti yangf menemukan fosil)
Foto: Reuters/MSNBC
Sebuah fosil mirip kaki seribu di Skotlandia diduga jadi hewan darat tertua di dunia (Foto: ilustrasi peneliti yangf menemukan fosil)

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Sebuah fosil mirip kaki seribu di Skotlandia diduga jadi hewan darat tertua di dunia. Hewan tersebut diduga hidup 425 juta tahun lalu dan membantu makhluk hidup setelahnya menghuni wilayah daratan.

Laman reuters melaporkan, Ahad (31/5), para peneliti mengatakan fosil makhluk hidup yang disebut Kampecaris obanesis dari Era Silurian ditemukan setelah adanya penggalian di Pulau Kerrera, Kepulauan Inner Hebrides, Skotlandia. Habitat hewan itu diperkirakan ada di tepi danau dan ia memakan tanaman yang membusuk.

Baca Juga

Fosil tanaman tertua yang telah memiliki batang, dikenal dengan Cooksonia, juga ditemukan di ekosistem danau seperti Kampecaris. Dari bukti fosil, peneliti mengetahui Kampecaris merupakan hewan darat tertua di Bumi.

Namun, beberapa ahli meyakini cacing tanah telah hidup lebih dulu, kemungkinan 450 juta tahun yang lalu, kata pakar Paleontologi dari University of Texas dan University of Massachusetts Boston, Michael Brookfield. Brookfield merupakan peneliti utama yang mengumumkan hasil temuannya bulan ini di jurnal Historical Biology.

Kampecaris, hewan sepanjang 2,5 centimeter (sekitar satu inch) dengan bagian tubuh tersegmentasi mirip kaki seribu, merupakan salah satu makhluk hidup yang telah dinyatakan punah. Walaupun demikian, peneliti meyakini Kampecaris bukan pendahulu atau leluhur kaki seribu yang hidup saat ini.

Kaki fosil yang ditemukan tidak berubah ke dalam bentuk fosil. Kampecaris merupakan hewan jenis Artropoda, filum hewan tanpa tulang belakang yang menaungi serangga, laba-laba, kaki seribu, lipan, dan kelompok Krustasea seperti kepiting dan udang.

Kehidupan pertama kali berevolusi dari samudera, ditunjukkan dengan adanya keanekaragaman hayati yang mulai terbentuk kurang lebih 540 juta tahun yang lalu. Makhluk hidup di bawah laut butuh waktu lama untuk berevolusi dan menghuni daratan.

Tanaman seperti lumut memulai kehidupan di darat sekitar 450 juta tahun lalu. Tanaman dengan batang seperti Cooksonia kemudian membantu makhluk hidup lebih kompleks bertumbuh di ekosistem darat.

Kelompok Amfibi merupakan hewan pertama yang hidup di daratan. Makhluk itu berevolusi dari ikan dengan sirip berotot yang menghuni perairan dangkal. Amfibi pertama kali muncul di daratan sekitar 375 juta tahun yang lalu.

Amfibi merupakan pendahulu reptil, burung, dan mamalia yang hidup saat ini, termasuk di antaranya spesies manusia, yang pertama kali muncul sekitar 300.000 tahun yang lalu.

sumber : Reuters/Antara
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement