Ahad 31 May 2020 23:15 WIB

Hadir Saat Peluncuran Roket NASA, Trump tak Pakai Masker

Tak hanya Trump, sang istri, juga terlihat tidak memakai masker.

Rep: Ali Mansur/ Red: Nora Azizah
Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, tidak memakasi masker saat melakukan kunjungan untuk menyaksikan peluncurkan roket SpaceX Falcon (Foto: Donald Trump)
Foto: EPA-EFE/Oliver Contreras / POOL
Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, tidak memakasi masker saat melakukan kunjungan untuk menyaksikan peluncurkan roket SpaceX Falcon (Foto: Donald Trump)

REPUBLIKA.CO.ID, FLORIDA -- Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, kembali melakukan perjalanan ke Florida untuk menyaksikan peluncuran roket SpaceX Falcon 9 pada Sabtu (30/5). Peluncuran roket awalnya direncanakan pada Rabu (27/5) lalu  tapi diundur karena alasan cuaca. Saat itu Trump dan keluarganya tiba di Kennedy Space Center, mayoritas dari mereka tidak mengenakan masker, meski Amerika Serikat masih dilanda wabah Covid-19.

Dikutip dari people, Ahad (31/5), anak perempuan Trump, Ivanka Trump dan penasihat seniornya, adalah satu-satunya anggota keluarga Trump yang terlihat mengenakan masker saat pejabat NASA mengadakan tur Trump ke fasilitas Kennedy Space Center. Dua anak Ivanka juga difoto mengenakan masker bersama ibunya. Sementara suami dan sesama penasihat senior Gedung Putih Jared Kushner tidak mengenakan penutup mulut tersebut.

Baca Juga

Padahal pusat pengendalian penyakit Amerika Serikat telah menyarankan agar semua orang memakai masker saat berada di depan umum. Namun menurut Trump, penggunaan kain penutup wajah non-medis sebagai tindakan tambahan kesehatan masyarakat yang bersifat sukarela.

"Ini sukarela. Saya pikir saya tidak akan melakukannya," kata Trump.

Terlepas dari penolakan presiden tersebut, pejabat kesehatan federal sendiri terus menyuarakan rekomendasi mereka dalam menghadapi kontradiksi langsung Trump. Pakar terkemuka penyakit menular dan anggota gugus tugas Covid-19, Anthony Fauci, mengatakan awal pekan ini pemakaian masker di depan umum hanyalah isyarat untuk menunjukkan "rasa hormat terhadap orang lain."

"Saya ingin melindungi diri sendiri dan melindungi orang lain, dan juga karena saya ingin menjadikannya sebagai simbol bagi orang-orang untuk melihat bahwa itu adalah hal yang harus Anda lakukan," terang Fauci.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement