Ahad 31 May 2020 14:39 WIB

Italia Kembali Buka Menara Pisa

Pengunjung yang masuk ke dalam monumen dibatasi sebanyak 15 orang.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Teguh Firmansyah
Menara Pisa
Foto: pixabay
Menara Pisa

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- Menara Pisa di Italia kembali dibuka untuk umum pada Sabtu (30/5). Situs wisata itu telah ditutup selama tiga bulan menyusul penerapan karantina wilayah atau lockdown guna menekan penyebaran Covid-19.

Menara Pisa diperkenankan untuk kembali dikunjungi setelah Pemerintah Italia mulai melonggarkan lockdown. Kendati demikian, pengelola tetap harus menerapkan peraturan baru seperti membatasi jumlah pengunjung yang masuk ke dalam monumen sebanyak 15 orang.

Baca Juga

Para pengunjung pun harus mengenakan masker. Presiden dewan direksi pengelolaan Menara Pisa Pierfrancesco Pacini menggambarkan pembukaan itu sebagai awal baru. “Anggaran kami akan menderita kerugian besar, tapi kami masih ingin mengirim sinyal kepercayaan serta harapan,” katanya, dikutip laman BBC.

Menara Pisa biasa dikunjungi lima juta turis setiap tahunnya. Hal itu menjadikannya salah satu destinasi populer di Italia dan mancanegara.

Italia merupakan salah satu negara di Eropa yang menerapkan lockdown secara ketat. Ia masuk dalam 10 negara dengan kasus infeksi dan kematian tertinggi di dunia.

Saat berita ini ditulis, Italia memiliki lebih dari 233 ribu kasus Covid-19 dengan korban meninggal melampaui 33 ribu jiwa. Sementara pasien sembuh mencapai 156 ribu orang. (Kamran Dikarma)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement