Sunday, 21 Zulqaidah 1441 / 12 July 2020

Sunday, 21 Zulqaidah 1441 / 12 July 2020

UEA: Pandemi Covid-19 Jauh dari Usai

Ahad 31 May 2020 07:37 WIB

Rep: kamran dikarma/ Red: Hiru Muhammad

UEA kirim bantuan perlengkapan medis ke Indonesia.

UEA kirim bantuan perlengkapan medis ke Indonesia.

Foto: Dok. Kedutaan Besar UEA
Sulit menggeneralisasi penyebaran Covid-19 mulai reda pada tingkat global.

REPUBLIKA.CO.ID, ABU DHABI--Juru bicara sektor kesehatan Uni Emirat Arab (UEA) Dr. Farida al-Hosani mengatakan pandemi Covid-19 belum surut. Dia menyoroti peningkatan kasus di beberapa kawasan, termasuk Timur Tengah. 

“Jumlah kasus di beberapa negara meningkat, sementara ada perbaikan penting di negara lain. Kami juga melihat bahwa berdasarkan statistik Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) terbaru, jumlah kasus harian yang dilaporkan di seluruh dunia masih meningkat,” kata al-Hosani pada Sabtu (30/5), dikutip laman Al-Arabiya. 

Dia menyoroti peningkatan angka infeksi dan kematian akibat Covid-19 di kawasan Amerika Selatan. Beberapa negara di Asia Tenggara dan Timur Tengah mengalami hal serupa. “Indikator-indikator ini menunjukkan bahwa situasi global masih jauh dari surut,” ujarnya.

Al-Hosani mengungkapkan sulit menggeneralisasi bahwa penyebaran Covid-19 mulai reda pada tingkat global. Setiap negara mengambil kebijakan berbeda. Tingkat kepatuhan warganya terhadap peraturan pun tak sama. Kemampuan atau kapasitas setiap negara dalam merawat pasien juga berbeda.

Dia meminta warga UEA tetap mematuhi pedoman untuk mengurangi penyebaran Covid-19. “Kita hidup melalui tahap baru yang mengharuskan kita mengadopsi gaya hidup baru berdasarkan kepatuhan terhadap tindakan pencegahan serta mengikuti saran medis guna membatasi kemungkinan penularan Covid-19. 

Langkah-langkah yang dapat diambil adalah menerapkan penjarakan sosial, mengenakan masker saat meninggalkan rumah, dan melakukan sterilisasi rutin. Pada Sabtu, UEA melaporkan 726 kasus baru Covid-19. Saat ini negara tersebut memiliki 33.896 pasien positif Corona. 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA