Ahad 31 May 2020 05:20 WIB

RS Nonrujukan di Surabaya Bantu Tangani Pasien Covid-19

Rumah Sakit Darmo yang saat ini tengah menampung 14 pasien terkonfirmasi Covid-19.

Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (Persi) Jawa Timur menyebut sejumlah rumah sakit nonrujukan di Kota Surabaya ikut membantu penanganan pasien yang terpapar virus corona atau Covid-19.
Foto: ANTARA/Didik Suhartono
Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (Persi) Jawa Timur menyebut sejumlah rumah sakit nonrujukan di Kota Surabaya ikut membantu penanganan pasien yang terpapar virus corona atau Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (Persi) Jawa Timur menyebut sejumlah rumah sakit nonrujukan di Kota Surabaya ikut membantu penanganan pasien yang terpapar virus corona atau Covid-19. Itu disampaikan Wakil Ketua Persi Jawa Timur dr Dodo Anondo, di Surabaya, Sabtu (30/5).

"Salah satunya adalah Rumah Sakit Darmo yang saat ini tengah menampung 14 pasien terkonfirmasi positif Covid-19," katanya.

Baca Juga

Menurut dia, dukungan dari rumah sakit nonrujukan ini sangat diperlukan agar rumah sakit rujukan di Surabaya tidak overload, tidak melebihi kapasitas.

Diketahui ada sekitar 20 rumah sakit rujukan yang telah ditetapkan Pemprov Jatim untuk menangani pasien Covid-19. RS itu di antaranya RSUD dr Soetomo sebagai rumah sakit rujukan utama.

Dodo mengatakan rumah sakit nonrujukan tersebut juga sudah memiliki ruang isolasi khusus sehingga dipastikan dapat menampung dan merawat pasien Covid-19. "Mengingat persyaratan akreditasi itu harus memiliki ruang isolasi," ujarnya.

Selain itu, lanjut dia, Pemerintah Kota Surabaya melalui Persi terus memberikan bantuan alat pelindung diri (APD) kepada para tenaga kesehatan (nakes) di semua rumah sakit se-Surabaya, baik itu rumah sakit rujukan maupun non rujukan.

"Pemkot Surabaya memperhatikan juga rumah sakit non rujukan itu. Kecuali Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) karena memang tidak diperuntukkan untuk penanganan pandemi ini," katanya.

Bahkan, kata Dodo, untuk memastikan rumah sakit nonrujukan telah menerima APD. Persi selalu melakukan pendataan dan memberikan tanda terima serta dilampirkan foto saat serah terima bantuan ke masing-masing rumah sakit.

"Dan itu kita data semua sama, ada bukti fotonya. Setiap hari kita nerima juga di foto," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement