Sabtu 30 May 2020 20:37 WIB

7 Warga Ponorogo Positif Corona, 2 di Antaranya PNS Dinas Kesehatan

Besar kemungkinan petugas tertular saat menjalankan tugasnya.

Rep: jatimnow.com/ Red: jatimnow.com
.
.

jatimnow.com - Pasien positif Virus Corona (Covid-19) di Kabupaten Ponorogo bertambah 7 orang, sehingga total menjadi 31 orang hingga hari ini, Sabtu (30/5/2020). Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni mengatakan bahwa dari 7 pasien positif Covid-19, dua di antaranya adalah pegawai negeri sipil (PNS) di dinas kesehatan (dinkes).

"Saya harus menyampaikan dengan sangat berat hati. Ada tujuh pasien baru terkonfirmasi positif Corona. Dua di antaranya adalah PNS di dinkes," ujar Bupati Ipong dalam rilis yang diterima jatimnow.com.

Bupati Ipong menambahkan, dua PNS tersebut merupakan petugas dinas kesehatan yang sehari-hari bekerja di lapangan. Besar kemungkinan petugas tertular saat menjalankan tugasnya.

Untuk tiga pasien lainnya ada yang mempunyai riwayat gagal ginjal, jantung coroner. Ada pula yang pulang pergi Jombang-Ponorogo untuk bekerja. "Untuk dua PNS dan tiga lainnya semuanya berstatus orang tanpa gejala (OTG)," tambahnya.

 

Lalu ada pasien yang mempunyai riwayat kontak erat dengan pasien dalam pengawasan (PDP) yang meninggal dunia. Pasien tersebut merupakan penjual empon-empon. Terakhir adalah pasien kiriman dari Surabaya yang sehari-hari tinggal di Pasuruan, tetapi asli ponorogo.

Bupati Ipong menyebut bahwa dari 7 pasien itu didapati tracing 39 orang. Setelah dirapid test, semuanya hasilnya non reaktif.

Sementara dari 7 pasien positif Covid-19 itu, 6 di antaranya adalah hasil dari rapid test massal sebanyak 654 orang yang dilakukan Pemkab Ponorogo. "Saat itu yang reaktif 81 orang. Semuanya diswab dengan hasil 6 positif," tegasnya.

Atas dasar itu, Bupati Ipong mengajak warga tetap disiplin dan patuh terhadap protokol kesehatan. Rajin cuci tangan dengan sabun, pakai masker, menjaga jarak atau physical distancing. Kemudian selalu gembira dan jangan panik.

 

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan jatimnow.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab jatimnow.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement