Monday, 15 Zulqaidah 1441 / 06 July 2020

Monday, 15 Zulqaidah 1441 / 06 July 2020

Kisah Pertandingan Terakhir Mike Tyson

Sabtu 30 May 2020 13:39 WIB

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Endro Yuwanto

Mike Tyson

Mike Tyson

Foto: guardian.co.uk
Legenda tinju Muhammad Ali menyempatkan diri menuju ruang ganti Tyson.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pertandingan melawan Kevin McBride merupakan laga terakhir Mike Tyson yang tak akan dilupakan oleh berbagai kalangan penggemar tinju. Terlebih, laga yang dihelat pada 11 Juni 2005 itu dibalut dengan kekalahan Tyson.

Sebagai petinju yang saat itu berusia 38 tahun, Tyson menghabiskan latihan berbulan-bulan setelah kekalahannya melawan Danny Williams. Selang waktu, ia kembali ke arena MCI untuk melakukan pertandingan terakhirnya.

Kerumunan 20 ribu penonton dan dukungan bagi Tyson, tak membuat nyali McBride ciut. Sebaliknya, kedua petinju kelas berat itu beraksi dengan percaya diri. Namun apa daya, Tyson harus menelan kekalahan dengan TKO di ronde keenam dari petinju asal Irlandia berusia 32 tahun itu.

Mengutip Talksport, Sabtu (30/5), McBride sebenarnya petinju yang cukup baik, terbukti dari 32 kemenangannya di kelas bawah. Namun, ketika naik kelas, ia selalu menderita kekalahan, bahkan oleh Michael Murray, pria yang kalah 17 kali dari 18 pertarungan terakhirnya.

Meski menang TKO dari Tyson, McBride disebut memperoleh 150 ribu dollar AS, jauh dari hasil Tyson yang dibayar 5 juta dollar AS. Sebagian hasilnya menjadi milik mantan istri dan kreditor Tyson.

Dalam pertandingan itu, bukan Tyson jika tak menarik perhatian. Sebab, di ruang ganti sebelum pertandingan dimulai, 'Baddest Man On The Planet' itu bukan satu-satunya tokoh besar, karena Muhammad Ali juga datang.

Baca Juga

Ali bahkan menyempatkan diri menuju ruang ganti Tyson. Sesama pria Muslim itu terlihat akrab.

Menjelang pertandingan, efek intimidasi Tyson memang berkurang drastis jika dibandingkan dengan masa jayanya. Utamanya ketika melawan Michael Spinks pada 1988 silam, meskipun sorakan penggemar masih terdengar.

Dikaitkan dengan itu, McBride tak terganggu atau terpengaruh. Sebaliknya, ia menunggu di atas ring sambil mengibarkan bendera Irlandia.

Baku hantam terjadi. McBride bertarung seolah-olah ia bisa membuktikan pada Tyson bahwa ia unggul dengan poin. Hal yang tak dilakukan dan dimiliki Tyson kala itu.

Alhasil, sang underdog bisa melontarkan berbagai pukulan yang mendarat tepat ke tubuh Tyson. Hasil itu bertahan hingga ronde keenam. McBride kemudian berhasil mengunci laga dengan kemenangan TKO.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA