Sabtu 30 May 2020 16:25 WIB

Oppo 'Bajak' Teknisi MediaTek dan Ucisoc untuk Garap Chip

Oppo sedang kembangkan chip 5G.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
5G
Foto: Pixabay
5G

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Oppo sedang mengerjakan chip sendiri. Menurut Nikkei Asian Review, raksasa teknologi itu secara agresif merekrut teknisi untuk mengerjakan SoC masa depannya. Sebagian besar insinyur berasal dari perusahaan-perusahaan terkenal.

Seperti yang dilansir dari GSM Arena, Jumat (29/5), baru-baru ini, Oppo merekrut beberapa eksekutif top dari MediaTek dan Unisoc. Co-chief operating officer MediaTek ada dalam daftar karyawan baru bersama dengan seorang ekesekutif yang terlibat dalam pengembangan chip 5G.

Baca Juga

MediaTek juga telah menyetujui tawaran Oppo. Xiaomi juga memberikan salah satu eksekutifnya. Tapi itu belum semuanya. Menurut sumber di dalam, perusahaan telah membajak karyawan dari divisi chip Huawei HiSilicon serta pembuat chip Qualcomm yang berbasis di AS.

Dalam sebuah wawancara dengan perwakilan Oppo mengatakan berinvestasi besar dalam R&D terkait chip untuk memperkuat dan menyederhanakan rantai pasokannya. Sejauh ini, perusahaan Cina sangat bergantung pada MediaTek dan Qualcomm, serta tidak ingin jatuh ke perangkap yang sama Huawei.

Tentunya usaha ini akan menghabiskan banyak uang dan membutuhkan setidaknya beberapa tahun pengembangan. Rilis produk yang sebenarnya tentu tidak akan datang dalam waktu dekat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement