Sunday, 21 Zulqaidah 1441 / 12 July 2020

Sunday, 21 Zulqaidah 1441 / 12 July 2020

Enam Kekalahan Mike Tyson, dari Diskualifikasi Hingga TKO

Sabtu 30 May 2020 12:12 WIB

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Israr Itah

mike tyson

mike tyson

Foto: daily star
Mike Tyson ingin kembali naik ring untuk pertarungan amal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Setelah pensiun 15 tahun lalu, legenda tinju kelas berat Mike Tyson kembali berlatih untuk pertandingan amal empat ronde. Meski telah berusia 53 tahun, ia mengklaim tengah dalam kondisi terbaik dari sebelumnya.

Baca Juga

Dalam perjuangannya meraih berbagai gelar, termasuk kelas beratnya, ia telah meraih lebih dari 50 kemenangan hanya untuk gelar tersebut. Namun demikian, bukan berarti bahwa Tyson tak terkalahkan.

Dikutip dari Talksport, Sabtu (30/5), dalam sejarah pertandingan Tyson, setidaknya ia merasakan enam kekalahan yang diingat penggemarnya. Berikut catatan kekalahan Tyson:

James Buster Douglas

Kekalahan pertama Tyson didapatkan dalam duel melawan James Buster Douglas di Tokyo, Jepang pada 11 Februari 1990. Dalam pertandingan besar sejarah tinju itu, hasil yang sangat mengejutkan tercipta. Sebab, Tyson yang diunggulkan 42/1, kalah oleh petinju underdog, Douglas di ronde kesepuluh. Seiring waktu, diketahui bahwa Tyson yang difavoritkan itu terganggu masalah kehidupan pribadi yang menyebabkan ia tak berlatih dengan baik.

Evander Holyfield 

Kekalahan Tyson kedua yang terkenal adalah ketika melawan Evander Holyfield di MGM Grand, Las Vegas pada 9 November 1996 lalu.

Meski langsung menambal tujuh kemenangan pasca kekalahannya terhadap Douglas, dan mendapatkan kembali dua sabuk yang sebelumnya direbut, Tyson kembali kalah.

Dalam pertarungannya melawan Holyfield di Vegas, pertarungan ‘ganas’ itu dibanjiri dengan berbagai serangan, hingga akhirnya Holyfield dapat mengendalikan ronde selanjutnya dan berhasil menghentikan Tyson.

Evander Holyfield jilid II

Belum puas, pertandingan ulang dengan Evander Holyfield kembali dilakukan di MGM Grand, Las Vegas pada 28 Juni 1997. Pertandingan itu penuh dengan kontroversi, karena sejak awal Tyson terkena dampak dari Holyfield.

Namun demikian, Tyson bangkit di ronde ketiga dengan penuh gairah. Jual beli serangan terus dilakukan, hingga akhirnya Tyson menggigit kedua telinga lawannya dengan diiringi teriakan.

Dengan tindakan itu, Tyson didiskualifikasi dari pertandingan, dan membuat itu sebagai kekalahan ketiga terbesarnya. Tak hanya itu, dia kehilangan lisensi tinju dan mendapat denda 3 juta dolar AS AS serta harus menjalani pelayanan masyarakat.

Lennox Lewis

Setelah mendapatkan kembali lisensinya pada usia ke-35, Tyson kembali bertanding. Saat itu, 8 Juni 2002, Lennox Lewis menjadi lawannya di Memphis.

Di awal pertarungan, kesan menarik dan merata ditunjukan kedua superstar tinju itu. Namun, di ronde ke delapan, Lewis melayangkan pukulan isilang kanan yang akhirnya melumpuhkan Tyson dan mengakhiri pertarungan. Tyson menerima kekalahan keempat.

Danny Williams

Dua tahun berselang, Tyson harus kembali menelan kekalahan dari Danny Williams di Freedom Hall, Kentucky pada 30 Juli 2004. Dengan tato di wajahnya yang terkenal saat itu, Mike yang berusia 38 tahun memulai pertandingan dengan baik, meski di akhir ronde pertama ia mengalami cedera ligamen lutut. Tak ayal, ‘Brixton Bomber’ Williams mengambil keuntungan tersebut di babak-babak berikutnya.

Kevin McBride

Di pertandingan terakhir karier tinjunya, Tyson berhadapan dengan Kevin McBride di MCI Center, Washington, 11 Juni 2005. Dalam kesempatan itu, Tyson tampak gelisah karena terlihat berhasrat ingin mematahkan lengan petinju Irlandia itu. Namun demikian, hingga akhir pertandingan tak ada yang berhasil melakukannya.

Tyson dinyatakan kalah Technical Knock Out (TKO) pada ronde keenam. Karena itu, mantan juara dunia kelas berat versi WBA, WBC dan IBF menutup kariernya dengan kekalahan.  

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA