Thursday, 23 Zulhijjah 1441 / 13 August 2020

Thursday, 23 Zulhijjah 1441 / 13 August 2020

La Liga Kembali Digelar 11 Juni 2020

Sabtu 30 May 2020 04:52 WIB

Rep: Fitrianto/ Red: Israr Itah

Presiden La Liga Javier Tebas

Presiden La Liga Javier Tebas

Foto: EPA/JAVIER LIZON
Laga perdana akan mempertemukan Sevilla melawan Real Betis.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Setelah terhenti sekitar tiga bulan akibat pandemi Covid-19, kompetisi sepak bola La Liga Spanyol akan kembali digelar pada 11 Juni 2020. Laga perdana akan mempertemukan Sevilla melawan Real Betis, demikian diumumkan Departemen Olahraga Spanyol (CSD) dalam sebuah pernyataan pada Jumat (29/5).

Baca Juga

CSD menambahkan, dalam kesepakatan dengan Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) dan La Liga, sisa 11 pekan akan diselesaikan pada 19 Juli, tapi selalu mengacu kepada perkembangan pandemi Covid-19.

Sementara itu, Presiden La Liga Javier Tebas telah menguraikan rencana La Liga untuk menawarkan kepada penonton kesempatan untuk mendengar suara kerumunan virtual selama pertandingan, yang akan dimainkan tanpa penonton untuk mencegah penyebaran virus lebih lanjut.

La Liga akan menjadi yang kedua dari lima liga top Eropa untuk melanjutkan kompetisi setelah pandemi melumpuhkan semua kegiatan olahraga besar di seluruh dunia sejak Maret lalu. Bundesliga Jerman menjadi liga top Eropa pertama yang memulai awal bulan ini.

Penyiar Jerman telah mereproduksi suara kipas untuk pemirsa televisi agar pertandingan di stadion kosong lebih menarik dan Tebas mengatakan liga Spanyol ingin menggunakan teknologi yang sama.

"Malam ini kami sedang melakukan tes audiovisual sehingga penonton akan dapat memilih antara dua latar belakang, yang asli atau satu dengan penggemar dan suara virtual," Tebas mengatakan kepada sebuah forum yang diselenggarakan oleh surat kabar Spanyol Marca pada Jumat.

Tebas ingin meniru Bundesliga yang dinilainya memiliki suara virtual dengan banyak kesuksesan. La Liga, kata dia, akan bekerja untuk mencoba dan memiliki opsi yang sama.

“Kami ingin memberikan dua opsi kepada penggemar yakni keheningan atau suara virtual.  Tes yang kami lakukan sangat menarik dan mengejutkan, tetapi penonton akan memiliki kedua opsi tersebut," kata dia.

Liga Primer Inggris akan mulai lagi pada 17 Juni sementara Serie A Italia akan berlanjut pada 20 Juni. Adapun Ligue 1 Prancis dibatalkan bulan lalu, dengan Paris Saint-Germain dinyatakan sebagai juara. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA