Wednesday, 4 Rabiul Awwal 1442 / 21 October 2020

Wednesday, 4 Rabiul Awwal 1442 / 21 October 2020

Pintek Gandeng Pintaria Tingkatkan Kualitas Belajar Online

Sabtu 30 May 2020 02:35 WIB

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id

Pintek Gandeng Pintaria Tingkatkan Kualitas Belajar Online. (FOTO: Pintaria)

Pintek Gandeng Pintaria Tingkatkan Kualitas Belajar Online. (FOTO: Pintaria)

Pintek Gandeng Pintaria Tingkatkan Kualitas Belajar Online

Warta Ekonomi.co.id, Jakarta

Perusahaan fintech P2P lending, Pintek berkolaborasi dengan Pintaria dengan tujuan membantu masyarakat Indonesia dalam meningkatkan pendidikan.

"Kami menggandeng Pintaria untuk mengedukasi masyakarat untuk memanfaatkan teknologi dalam proses belajar dan memberikan pemahaman bahwa pembelajaran online bisa seefektif dengan pembelajaran tatap muka," kata Yasser M Saiful, Head of Commercial Pintek dalam Pintek Edutalk with Pintaria: Program Kuliah Online Untuk Tetap Efektif dan Produktif Belajar dari Rumah, Jumat (29/5/2020).

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), Statistik Telekomunikasi Indonesia 2018 mengungkapkan persentase rumah tangga yang memiliki/menguasai komputer pada 2018 sebanyak 20,5% meningkat dari tahun sebelumnya yaitu 19,11% dan dapat mengakses internet sebanyak 66,22%, lebih tinggi dari 2017 yang hanya mencapai 57,33%.

Baca Juga: Persiapan New Normal, Acer Berbagi Pengalaman dan Tips Edukasi

Angka ini menunjukkan bahwa ada potensi bagi masyarakat Indonesia untuk memaksimalkan penggunaan teknologi dan internet untuk pendidikan.

Menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim, situasi saat ini memberikan potensi akselerasi kebijakan Merdeka Belajar. Kebijakan ini memberikan kemerdekaan setiap unit pendidikan untuk melakukan inovasi, yang tidak akan mungkin bisa berhasil tanpa teknologi.

"Kami percaya pembelajaran online memiliki sisi positif bagi pelajar di Indonesia. Untuk menuju pendidikan 4.0, pelajar perlu memaksimalkan penggunaan teknologi pada proses belajar agar mampu bersaing dan meningkatkan kompetensi dalam menghadapi dunia kerja pada masa mendatang, salah satunya implementasi pembelajaran online," lanjut Yasser.

Kuliah maupun pembelajaran online bukan hal baru bagi Indonesia. Sejak 2018 Pintaria sudah menawarkan berbagai macam program kuliah yang diselenggarakan oleh 10 perguruan tinggi swasta di Jakarta dan Bandung dengan status akreditasi program studi A dan B.

"Melalui teknologi, kami ingin menciptakan kesempatan untuk seluruh masyarakat Indonesia sekaligus mendukung tercapainya program pemerintah, yaitu Merdeka Belajar. Kami juga berharap kondisi saat ini memberikan motivasi kita untuk menjadi generasi yang tidak pernah berhenti belajar atau lifelong learning melalui pembelajaran online," pungkas Zaneti Sugiharti, Head of Marketing & Communication Pintaria.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA