Sabtu 30 May 2020 05:25 WIB

Ekspedisi Superqurban dan Bahan Pangan untuk Mentawai

Sasaran penerima manfaat dari program ini adalah masyarakat dhuafa dan muallaf

Ekspedisi Superqurban dan Bahan Pangan yang dilakukan Rumah Zakat di Mentawai.
Foto: Rumah Zakat
Ekspedisi Superqurban dan Bahan Pangan yang dilakukan Rumah Zakat di Mentawai.

REPUBLIKA.CO.ID, MENTAWAI -- Pada akhir Ramadhan 1441 Hijriah kemarin atau tepatnya pada tanggal 18-20 Mei 2020 tim Rumah Zakat melakukan Ekspedisi Superqurban dan Bahan Pangan dengan menyalurkan 300 paket Superqurban dan 150 paket beras untuk masyarakat binaan Relawan Inspirasi Desa Berdaya Sikakap Mentawai.

Penyaluran paket Superqurban dan bahan pangan berlokasi di tiga kecamatan yang ada di Kepulauan Mentawai di antaranya Kecamatan Sikakap, Kecamatan Pagai Utara, Kecamatan Pagai Selatan. Sasaran penerima manfaat dari program ini adalah masyarakat dhuafa dan muallaf sebagian besar bekerja sebagai nelayan dan buruh tani.

Baca Juga

Iswandi selaku ketua tim ekspedisi yang juga Relawan Inspirasi Desa Berdaya Sikakap menceritakan perjalanan menuju salah satu lokasi penyaluran di Dusun Tubeket begitu berkesan dan penuh perjuangan. Disaat kapal mulai berangkat dari pelabuhan Sikakap, baru 15 menit jalan, kapal mulai diterjang ombak badai sehingga semua tim yang sebanyak lima orang harus tiarap dan tidak bisa

berbuat apa-apa selama satu jam, sampai akhir kapal memasuki sungai menuju perkampungan Dusun Tubeket. Suasana cuaca di bulan ini memang agak berbeda, cuaca ekstrim dan angin dan ombak besar setiap hari menerjang Pantai Sikakap.

“Namun karena amanah umat yang harus disampaikan kami tetap bersemangat dan terus berusaha untuk menjadi yang terbaik dalam memberikan kebahagiaan untuk saudara-saudara kita yang ada di pedalaman,” tambah Iswandi .

“Begitu juga jalan darat yang kami tempuh menuju Dusun Pasapuat dengan motor membawa sembako paket bantuan, penuh dengan lobang dan jalan yang becek, apalagi saat ini musim hujan tentunya sudah pasti jalan basah dan licin, sampai ada di antara tim yang terjatuh,” lanjutnya.

Namun semuanya terbayar sudah saat bertemu dengan masyarakat yang menerima bantuan ini, mereka begitu ceria dan bahagia menerima kedatangan kami. Bahkan ada seorang muallaf yang hampir menangis, karena begitu terharunya. Selama ini tidak pernah diberikan bantuan seperti ini, sampai diantar ke rumah.

"Kami berharap semoga ini menjadi amal jariyah dan pahala di sisi Allah SWT, apalagi bulan ini adalah buah yang penuh dengan keberkahan dan ampunan,” tutup Iswandi.

Ketika di Dusun Pasapuat, Kecamatan Pagai Utara tim ekspedidi disambut oleh Maryadi Kusmana selaku Kepala Dusun. Beliau sangat bersukur atas adanya bantuan ini dan mengucapkan terima kasih banyak kepada Rumah Zakat atas perhatian dan bantuannya.

“Semoga para donatur di balas oleh Allah SWT dengan balasan yang lebih baik. Aamiin,” ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement