Friday, 12 Zulqaidah 1441 / 03 July 2020

Friday, 12 Zulqaidah 1441 / 03 July 2020

Sebelum Kasus Corona Menurun, Malaysia tak Mau Buka Sekolah

Jumat 29 May 2020 17:34 WIB

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Nur Aini

Petugas kesehatan menggunakan alat pelindung diri melintasi kawasan zona merah di Kuala Lumpur, Malaysia, Jumat (8/5).

Petugas kesehatan menggunakan alat pelindung diri melintasi kawasan zona merah di Kuala Lumpur, Malaysia, Jumat (8/5).

Foto: EPA-EFE/FAZRY ISMAIL
Malaysia mencatat penurunan signifikan kasus baru virus corona Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR -- Pemerintah Malaysia akan kembali membuka sekolah jika kasus baru Covid-19 terus menurun. Sebelum hal itu terjadi, para siswa akan tetap melakukan kegiatan belajar mengajar jarak jauh atau daring. 

Baca Juga

Dirjen Kementerian Kesehatan Malaysia Noor Hisham Abdullah mengatakan, negaranya telah melihat penurunan signifikan terkait kasus baru Covid-19. Pada Kamis (28/5), misalnya, Malaysia hanya mencatat 10 kasus Covid-19. Itu merupakan yang terendah dalam dua bulan terakhir. 

Menurutnya, penurunan signifikan angka infeksi harian merupakan hasil dari kebijakan movement control order (MCO) yang telah diterapkan selama 24 hari terakhir. “Tapi kementerian (kesehatan) masih khawatir tentang dampak musim perayaan (Idul Fitri) yang akan kita lihat pada pekan pertama bulan Juni,” kata Noor Hisham pada Jumat (29/5), dikutip laman the Straits Times.

Dia menyebut pemerintah akan mengambil keputusan tentang pembukaan berbagai sektor, termasuk pendidikan pada 9 Juni mendatang. “Jika jumlah kasus yang rendah masih dapat dipertahankan pada saat itu, dengan mempertimbangkan musim perayaan, kita dapat membuka lebih banyak sektor sosial dan pendidikan. Kami sangat berhati-hati sebelum melakukan perubahan kebijakan,” ucapnya.

Hingga berita ini ditulis, Malaysia memiliki 7.732 kasus Covid-19 dengan 115 korban meninggal. Sebanyak 6.235 pasien berhasil pulih setelah terinfeksi.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA