Sunday, 14 Zulqaidah 1441 / 05 July 2020

Sunday, 14 Zulqaidah 1441 / 05 July 2020

Real Madrid Klub Paling Berharga di Eropa

Jumat 29 May 2020 17:45 WIB

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Agung Sasongko

selebrasi pemain real madrid setelah juara Liga Champions 2017

selebrasi pemain real madrid setelah juara Liga Champions 2017

Foto: telegraph
Raksasa sepak bola Spanyol, Real Madrid masih menjadi klub paling berharga di Eropa.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Raksasa sepak bola Spanyol, Real Madrid masih menjadi klub paling berharga di Eropa berdasarkan laporan perusahaan akuntansi KPMG. Laporan yang diterbitkan pada Kamis (28/5) itu juga menempatkan Manchester United di urutan kedua. Sedangkan pada urutan ketiga dan keempat ditempati Barcelona dan Bayern Muenchen.

Baca Juga

Peringkat tersebut atas dasar penilaian terhadap nilai perusahaan melalui metrik yang dibuat dengan menganalisa profitabilitas, popularitas, potensi olahrag, hak siar serta kepemilikan stadion hingga 1 Januari 2020. Namun penilaian tersebut belum termasuk dampak dari pandemi corona.

"Nilai-nilai klub pasti terpengaruh. Tapi dampak langsungnya belum bisa diukur,” tulis Kepala Olahraga Global KPMKG, Andrea Sartori, dilansir dari aljazeera, Jumat (29/5).

Sedangkan dua klub Jerman, Borussia Dortmund dan Schalke masuk ke dalam urutan 15 besar. Lalu Sembilan klub Liga Inggris dan tujuh tim Spanyol serta enam klub Serie A berada di 32 besar dari daftar laporan tersebut.

Wabah virus corona yang mulai merebak sejak Maret lalu turut menghentikan aktivitas sepakbola hampir seluruh dunia. Ini jelas tak masuk kedalam catatan laporan tersebut. Virus tersebut telah menginfeksi lebih dari 5,7 juta orang dan menewaskan lebih dari 350 ribu orang.

Pesta olahraga terbesar di dunia, Olimpiade Tokyo 2020 juga terdampak sehingga harus ditunda pada 2021. Setelah dua bulan lebih liga-liga top Eropa berhenti, Bundesliga sudah mulai kembali digelar dengan protokol yang ketat.

Klub-klub sepakbola mengalami masalah keuangan sejak kompetisi dihentikan. Tak ada pemasukan dan disaat yang sama mereka harus membayar gaji pemain dan para karyawan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA