Jumat 29 May 2020 17:12 WIB

Real Madrid Klub Paling Tinggi Nilai Valuasinya

Nilai perusahaan klub setiap tahun meningkat sebesar 8 persen.

Rep: Fitrianto/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Zinedine Zidane di Santiago Bernabeu
Foto: Republika
Zinedine Zidane di Santiago Bernabeu

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Klub Elite Spanyol, Real Madrid, dinobatkan sebagai klub sepak bola Eropa paling berharga. Klub yang bermarkas di Santiago Bernabeu ini mengalahkan klub Raksasa Inggris, Manchester United yang masih harus berdiri di posisi kedua.

Predikat ini diberikan berdasarkan penilaian perusahaan konsultan KPMG, yang dilansir pada Jumat (29/5). Lembaga tersebut telah menghasilkan laporan mengenai penilaian untuk klub-klub elite klub Eropa 2020. Hasilnya, menurut mereka, Real Madrid, untuk tahun kedua berturut-turut menjadi klub sepak bola paling berharga di dunia.  

Real Madrid bernilai 3,478 miliar euro atau setara Rp 56,5 Triliun, yang menempatkan mereka di depan Manchester United dan FC Barcelona. Nilai perusahaan klub setiap tahun meningkat sebesar 8 persen.

Manchester United yang menempati peringkat dua bernilai 3,342 Miliar euro atau setara Rp 54,3 triliun. Barcelona di posisi tiga dengan nilai 3,193 miliar euro atau setara Rp 52,9 triliun. Laporan tersebut mencatat bahwa posisi Real Madrid di puncak angka pendapatan tinggi.

Ini tercatat selama lima tahun yang terkait dengan penelitian (2016-2020). Pendapatan mereka meningkat tajam karena mampu meraih kejayaan di Eropa.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement