Sabtu 30 May 2020 02:33 WIB

Bintan Siap Buka 3 Kawasan Perekonomian

Lobam, Lagoi, dan KEK di Galang Batang Bintan siap dibuka kembali.

REPUBLIKA.CO.ID, TANJUNGPINANG -- Pemerintah Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau, menyiapkan regulasi terkait pembukaan kembali aktivitas tiga kawasan perekonomian berskala besa. Bupati Bintan Apri Sujadidi Bintan, Jumat, mengatakan kawasan perekonomian yang akan dibuka kembali yakni Lobam, Lagoi, dan Kawasan Ekonomi Khusus di Galang Batang.

Lobam merupakan pusat perindustrian, Lagoi pusat objek pariwisata berskala internasional, dan di Galang Batang sedang berlangsung proyek pembangunan smelter dan PLTU.

Baca Juga

"Regulasi disiapkan, dan tiap pengusaha membuat surat pernyataan," katanya.

Ia menjelaskan regulasi yang dibuat terkait sistem pencegahan penularan COVID-19, yang harus dijalankan oleh pengusaha. Sebagai contoh, pengusaha wajib menyediakan masker, tempat pencuci tangan dan sarung tangan untuk karyawannya.

Kewajiban tersebut dituangkan dalam surat perjanjian, yang diteken oleh pihak pengusaha. Jika mereka melanggar, tempat usahanya ditutup sementara.

"Aktivitas usaha dihentikan sampai pihak perusahaan menaati protokol kesehatan," katanya.

Apri mengatakan sanksi tersebut hanya diberikan tiga kali. Jika pengusaha masih membandel, Pemkab Bintan akan menutup usahanya.

"Kalau sudah tiga kali ditegur, dikenakan sanksi penutupan sementara, namun masih juga membandel, terpaksa usahanya ditutup selama-lamanya," ucapnya.

Ia mengatakan peraturan itu dibuat untuk kepentingan perusahaan dan masyarakat agar tidak tertular COVID-19. Karena itu, ia berharap seluruh perusahaan menaatinya. "Petugas kami akan mengawasinya," ucap dia.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement