Sunday, 14 Zulqaidah 1441 / 05 July 2020

Sunday, 14 Zulqaidah 1441 / 05 July 2020

Jokowi Kaji Prioritas Usulan 245 PSN Baru

Jumat 29 May 2020 11:50 WIB

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Bayu Hermawan

Presiden Joko Widodo

Presiden Joko Widodo

Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Jokowi meminta proyek strategis nasional baru memiliki daya dorong ekonomi.

REPUBLIKA.CO.ID,   JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta usulan dibentuknya 245 proyek strategis nasional (PSN) baru agar dikaji kembali. Menurutnya, usulan-usulan tersebut perlu dilihat kembali dan diprioritaskan untuk proyek yang memiliki daya dorong ekonomi pascapandemi.

Baca Juga

Hal ini disampaikan Jokowi saat membuka rapat terbatas evaluasi proyek strategis nasional untuk pemulihan ekonomi nasional dampak covid melalui video conference di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (29/5).

"Terkait dengan usulan 245 PSN baru saya minta untuk betul-betul dilihat di lapangan dihitung dikalkulasi secara rinci mana yang direkomendasi dan mana yang tidak di rekomendasi, prioritas proyek yang memiliki daya ungkit besar kepada ekonomi pasca pandemi," ujar Jokowi.

Ia mengatakan, proyek-proyek yang memberikan dampak pada penguatan ekonomi pascapandemi akan menjadi prioritas utama untuk didahulukan. "Saya kira sangat penting untuk kita dahulukan," ucapnya.

Lebih lanjut, Presiden juga meminta agar dilakukan percepatan pelaksanaan PSN yang berdampak pada pemulihan ekonomi nasional. Sejumlah PSN yang dinilai penting yakni seperti program sertifikasi tanah untuk rakyat, legalisasi lahan transmigrasi, reforma agraria, perhutanan sosial serta peremajaan perkebunan rakyat.

Kendati demikian, pelaksanaan program tersebut juga harus mengikuti protokol kesehatan secara ketat.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA