Tuesday, 23 Zulqaidah 1441 / 14 July 2020

Tuesday, 23 Zulqaidah 1441 / 14 July 2020

Media Luar Beritakan Mahfud yang Samakan Corona dengan Istri

Jumat 29 May 2020 10:48 WIB

Rep: Erik PP/ Red: Erik Purnama Putra

Menko Polhukam Mahfud MD.

Menko Polhukam Mahfud MD.

Foto: Prayogi/Republika
Kelakar Mahfud yang membandingkan penanganan virus corona dengan istri tuai kecaman.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pernyataan berbentuk kelakar Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD yang menyamakan virus corona seperti istri yang tidak bisa dikontrol mendapat perhatian luas media asing. Media berbagai negara memberitakan pernyataan Mahfud yang mengundang kecaman dari kelompok atau aktivis perempuan.

Media Turki, Daily Sabah, misalnya memberi judul berita 'Menteri Indonesia Dikritik karena Membandingkan Virus dengan Istri', terkait kelakar Mahfud. Daily Sabah menulis, menteri keamanan Indonesia telah dikritik tajam karena membandingkan virus corona dengan seorang istri, dalam upaya untuk menghilangkan kekhawatiran publik tentang rencana pelonggaran pembatasan sosial saat pandemi Covid-19.

Pemerintah Indonesia sedang bersiap untuk mencabut PSBB di sebagian wilayah pada awal Juni dan mengadopsi apa yang disebut sebagai 'kenormalan baru'. "Apakah kita akan bersembunyi selamanya? Kita dapat menyesuaikan diri dengan situasi sambil tetap memperhatikan kesehatan kita," kata Mahfud MD dalam sebuah video yang diunggah di Youtube pada Rabu (27/5).


Media berbasis di Kota Dubai, Uni Emirat Arab (UAE), Gulf Today, mengangkat judul berita 'Virus Corona Seperti Istrimu, Kata Menteri Indonesia'. Gulf Today memberitakan tentang pernyataan Mahfud yang mendapat kecaman karena videonya yang mengajak masyarakat untuk menyesuaikan diri dengan situasi sambil tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Hingga kemudian dia membuat komentar yang menghebohkan seperti ini, "Corona seperti istrimu. Awalnya, kamu mencoba mengendalikannya ... kemudian kamu menyadari bahwa kamu tidak bisa. Maka kamu belajar untuk hidup dengannya," kata Mahfud.

Media asal Australia, Special Broadcasting Service (SBS), mengangkat judul 'Membandingkan Virus Corona dengan Seorang Istri Mendorong Kritik Tajam terhadap Menteri Keamanan Indonesia'. SBS pun mengulas pendapat Mahfud yang ternyata bersumber dari meme yang dikirim Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

"Corona seperti istrimu. Awalnya, kamu mencoba mengendalikannya, kemudian kamu menyadari bahwa kamu tidak bisa. Maka kamu belajar untuk hidup dengannya," kata Mahfud menjelaskan meme yang dikirim Luhut tentang penanganan Covid-19 di Indonesia.

The Star juga tidak ketinggalan mengangkat pernyataan Mahfud yang dianggap merendahkan kaum perempuan atas komentarnya terkait penanganan virus corona. Media cetak asal Malaysia tersebut pada terbitan edisi Jumat (29/5) mengangkat judul "Menko Polhukam Mahfud MD Mendapatkan Kritik Atas Meme 'Seksis' Virus Corona". Di dalam berita, Mahfud dikritik oleh LSM perempuan. Mereka menganggap tidak tepat membandingkan istri dengan Covid-19.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA