Jumat 29 May 2020 07:25 WIB

Mahasiswa FKIP UNS Raih Juara 1 Lomba Desain Poster Nasional

Alif berharap mahasiswa UNS tetap mampu berprestasi serta produktif.

Rep: Binti Sholikah/ Red: Fernan Rahadi
Universitas Sebelas Maret
Universitas Sebelas Maret

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Ilmu Pendidikan dan Keguruan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Alif Sholihin berhasil menyabet juara 1 Lomba Desain Poster Tingkat Nasional yang diadakan oleh Biro Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Yogyakarta.

Lomba yang mengusung tema Kampanye Positif Ramadan saat Pandemi Covid-19 dilaksanakan secara daring pada 27 April-14 Mei 2020. Setelah melalui tahap penjurian pada 15-20 Mei, hasil lomba tersebut diumumkan melalui laman bimawa.uad.ac.id pada 21 Mei 2020.

Poster yang dibuat oleh Alif memuat pesan agar masyarakat dapat beradaptasi dengan new normal yang akan diberlakukan oleh pemerintah.

"Melihat kondisi kita ini, kita dianjurkan untuk beradaptasi dengan new normal, salah satunya menjaga jarak dan memakai masker. Lalu saya aplikasikan ke satu objek normal yang seolah-olah mau tidak mau harus menerima keadaan new normal saat pandemi seperti ini. Objek tersebut yaitu uang pecahan Rp 100 ribu yang terdapat gambar Proklamator Indonesia, kemudian saya ubah agar menjadi berjarak serta mengenakan masker," kata Alif seperti tertulis dalam siaran pers, Kamis (28/5).

Mahasiswa semester VIII tersebut mengaku senang setelah mengetahui dirinya meraih juara 1 pada lomba desain poster tersebut.

"Alhamdulillah, pastinya senang karena usaha untuk tetap berprestasi di masa pandemi dan mencari uang untuk berjaga-jaga membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT) semester depan membuahkan hasil yang menggembirakan," ungkapnya.

Sejak pandemi Covid-19 melanda Indonesia, Alif memang kerap mengikuti lomba desain poster. Hasilnya tidak mengecewakan, dalam bulan Mei saja, dia berhasil meraih empat predikat juara lomba desain poster tingkat nasional. Kejuaraan yang dia raih yakni Juara 1 Poster Edukasi Competition From Home 2020 Universitas Gadjah Mada (UGM), Juara 1 Desain Poster Himpunan Mahasiswa Teknik Grafika Penerbitan, Politeknik Negeri Jakarta, Juara 2 Lomba Poster Antisipasi Post Pandemic Corona (Covid-19) UPN Veteran Jakarta serta Juara 1 Lomba Desain Poster Nasional Kampanye Positif Ramadan saat Pandemi Covid-19, UAD Yogyakarta.

Alif berharap agar mahasiswa UNS mampu berprestasi serta produktif di tengah pandemi.

"Semoga pandemi ini segera berakhir, kemudian semoga teman-teman mahasiswa UNS bisa beradaptasi terhadap kondisi ini sehingga walaupun dalam masa pandemi kita tetap bisa berprestasi, produktif, dan bermanfaat," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement