Kamis 28 May 2020 23:27 WIB

Rapid Test Pedagang Pasar Tradisional Sampit Berlanjut

Rapid test yang dilaksanakan sore hari ini disambut positif pengelola pasar.

Rapid Test Pedagang Pasar Tradisional Sampit Berlanjut (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Harviyan Perdana Putra
Rapid Test Pedagang Pasar Tradisional Sampit Berlanjut (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,SAMPIT -- Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah melanjutkan pemeriksaan cepat atau rapid test terhadap pedagang di pasar tradisional di Sampit.

"Ini merupakan langkah pencegahan dengan melakukan deteksi dini. Kalau ada yang hasil rapid test reaktif, akan diperiksa lebih lanjut apakah positif terjangkit Covid-19 atau tidak," kata Sekretaris Daerah Halikinnor saat memantau rapid test di Pasar Al Kamal di Sampit, Kamis (28/5).

Ini merupakan hari kedua rapid test massal dengan sasaran pedagang pasar tradisional di Sampit. Kemarin rapid test dilaksanakan di Pusat Perbelanjaan Mentaya Sampit yang diikuti 146 peserta terdiri pedagang, petugas kebersihan, petugas keamanan, dan juru parkir.

Kali ini rapid test massal dilaksanakan di Pasar Al Kamal yang terletak di Jalan Hasan Mansyur Kecamatan Baamang. Rapid test yang dilaksanakan sore hari ini disambut positif pengelola pasar dan pedagang setempat. Ada 50 orang yang mengikuti rapid test. Mereka merupakan pedagang ikan dan sayur, juru parkir serta pengurus pasar setempat.

Meski dengan perasaan gugup, para pedagang tetap bersemangat mengikuti pemeriksaan tersebut. Mereka antre di kursi yang sudah disediakan dengan menjalankan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, yakni dengan menjaga jarak.

Halikinnor mengatakan pasar menjadi sasaran rapid test massal karena tingginya interaksi antarwarga yakni pedagang dan pembeli, membuat pasar sangat riskan terjadi penularan atau penyebaran Covid-19.

Pemeriksaan ini juga wujud kepedulian pemerintah untuk melindungi pedagang dari virus mematikan tersebut. Jika ada yang hasil rapid test reaktif dan kemudian dinyatakan positif Covid-19, akan langsung ditangani hingga sembuh.

"Pasar salah satu tempat yang memegang peranan penting dalam perekonomian masyarakat kita. Kalau pedagang sehat, roda perekonomian masyarakat diharapkan juga berjalan dengan baik," harap Halikinnor.

Disinggung hasil pemeriksaan rapid test di Pusat Perbelanjaan Mentaya kemarin yang menunjukkan hasil tiga orang reaktif Covid-19, Halikinnor menegaskan saat ini terus didalami dan ditangani dengan baik.

Halikinnor menegaskan bahwa hasil reaktif pada rapid test belum tentu menunjukkan positif Covid-19, karena untuk memastikannya harus dilakukan melalui pemeriksaan swab di laboratorium. "Harapan kami semua hasilnya negatif," ucapnya.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement