Kamis 28 May 2020 22:35 WIB

Wapres: Pascapandemi Covid-19 akan Tercipta Tren Wisata Baru

Wapres mengatakan pascapandemi Covid-19 akan tercipta tren wisata baru.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Bayu Hermawan
Wakil Presiden Maruf Amin
Foto: ADITYA PRADANA PUTRA/ANTARA
Wakil Presiden Maruf Amin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden Ma'ruf Amin meyakini pandemi Covid-19 akan menciptakan tren baru dalam dunia pariwisata. Ia menerangkan, persoalan kesehatan, kebersihan dan keselamatan menjadi prioritas utama wisatawan.

Sehingga, itu akan berujung adaptasi dunia pariwisata dengan adanya pandemi Covid-19. "Pola wisata seperti berlibur sendirian, ketertarikan pada wisata kesehatan, wisata virtual serta staycation akan menjadi tren baru," kata Ma'ruf melalui akun instagram resminya @kyai_marufamin, Kamis (28/5).

Baca Juga

Wapres mengatakan, adaptasi wisata baru itu juga akan terjadi di pariwisata dalam negeri. Untuk itu, dibutuhkan inovasi dan perbaikan pariwisata dalam negeri sebagai langkah antisipasi.

Karena itu, dalam rapat terbatas yang dipimpin Presiden Joko Widodo dengan jajaran menteri, melalui teleconference, Kamis (28/5) siang ini, dibahas mengenai tatanan normal baru atau new normal jika dunia pariwisata kembali dibuka. Pemerintah menilai, isu keselamatan dan kesehatan akan menjadi prioritas para wisatawan.

"Sehingga penerapan protokol tatanan normal baru di sektor pariwisata harus benar-benar dipersiapkan dan diterapkan secara ketat serta menjadi pedoman bersama," ujarnya.

Ia mengatakan, protokol kesehatan harus diberlakukan untuk semua sektor dari segi transportasi, perhotelan, restoran dan area wisata yang Indonesia miliki. "Strategi khusus diperlukan serta melihat Benchmark dari negara lain yang sudah mempersiapkan hal ini dengan kondisi normal baru di sektor pariwisata," kata Ma'ruf.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement