Saturday, 20 Zulqaidah 1441 / 11 July 2020

Saturday, 20 Zulqaidah 1441 / 11 July 2020

Ini Sebab Bau Mulut Saat Bangun Tidur di Pagi Hari

Jumat 29 May 2020 00:40 WIB

Rep: Farah Noersativa/ Red: Nora Azizah

Napas bau saat bangun setelah tidur panjang disebut dengan halitosis (Foto: ilustrasi tidur)

Napas bau saat bangun setelah tidur panjang disebut dengan halitosis (Foto: ilustrasi tidur)

Foto: www.freepik.com
Napas bau saat bangun setelah tidur panjang disebut dengan halitosis.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah tertidur semalaman lalu terbangun, suasana hati kita menjadi baik lantaran mendapatkan istirahat yang cukup. Namun, tak lama kita terbangun, biasanya kita menyadari nafas kita sangat bau setelah tertidur semalaman, yang tak jarang membuat suasana hati kita malah kembali tak menyenangkan.

Napas bau saat bangun tidur setelah tidur panjang disebut dengan halitosis atau bau mulut. Hal itu sebenarnya merupakan kejadian umum. Namun, pernahkah terpikir apa yang menyebabkan bau mulut sehabis bangun tidur?

Dilansir di laman Mental Floss, Jumat (29/5), menurut seorang periodontis wilayah Washington DC, Sally J Cram, napas bau di pagi hari disebabkan oleh mulut kita mengering saat kita tidur. Tak adanya uap air dalam mulut, maka bakteri penyebab bau bisa bertambah banyak.

Bahkan, mendengkur atau bernapas melalui mulut bisa memperburuk masalah ini. Selain itu, obat-obatan yang menyebabkan kekeringan mulut dapat membuat situasinya semakin tidak menyenangkan, terutama jika diminum tepat sebelum tidur.

Sayangnya, penderita alergi mendapatkannya dari kedua sisi. Jika mereka minum obat alergi pada saat sebelum tidur, maka mulut mereka kemungkinan akan mengalami bau mulut karena kekeringan. Jika tidak, lendir dari reaksi alergi menghadirkan prasmanan untuk bakteri.

Pola makan atau diet pun penting. Jenis-jenis makanan yang dapat menyebabkan bau mulut akan semakin memperparah bau mulut, jika dimakan sebelum tidur. Makan makanan pedas seperti bawang putih atau bawang sebelum tidur dapat memiliki efek residu bahkan berjam-jam kemudian.

Ada beberapa langkah untuk mengurangi bau mulut pada saat bangun tidur. Salah satu langkahnya adalah dengan menyikat gigi dan membersihkan gigi dengan benang, saat sebelum tidur dan setelah bangun tidur.

Menggosok lidah pun sangat disarankan untuk dilakukan, setiap kita menyikat gigi dan membersihkan gigi dengan benang. Terlebih, gosok lidah pada bagian belakang lidah, mengingat bakteri lebih sering berkumpul pada bagian itu.

Jika Anda menggunakan obat kumur, pastikan itu untuk durasi yang disarankan, yaitu selama 30 detik lamanya. Jika kurang dari durasi itu, maka kemungkinan kita tidak memberikan waktu untuk membunuh kuman di dalam mulut.

Cara lainnya adalah dengan minum sedikit air putih sebelum pergi ke kasur. Jika bau mulut berlanjut, mungkin sudah saatnya mengunjungi dokter gigi.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA