Jumat 29 May 2020 04:33 WIB

Purwakarta Siap Terapkan Normal Baru

Pemkab sedang mempersiapkan hal teknis terkait penerapan normal baru

Petugas gabungan memasang plang pemberitahuan pemeriksaan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jalan Laks. Laut RE Martadinata, Purwakarta, Jawa Barat.
Foto: ANTARA/Muhamad Ibnu Chazar
Petugas gabungan memasang plang pemberitahuan pemeriksaan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jalan Laks. Laut RE Martadinata, Purwakarta, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWAKARTA--Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jabar menyiapkan  sejumlah pos terpadu menyusul akan diberlakukannya tatanan baru (new normal) di daerah tersebut.

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika Kamis (28/5) mengatakan, Presiden Joko Widodo telah mengingatkan kesiapan daerah-daerah dalam menghadapi fase kehidupan normal baru di tengah pandemi Covid-19.

Pihaknya sedang mempersiapkan hal-hal yang bersifat teknis untuk kepentingan penerapan normal baru. Seperti pembatasan yang berkaitan dengan pelayanan publik. "Nanti pada pemberlakuan normal baru akan dibuka kembali, tentu saja dengan standar dan SOP pencegahan Covid-19," katanya.

Untuk sementara ini pihaknya masih menunggu ketentuan penerapan normal baru dari pemerintah pusat dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, khususnya yang berkaitan dengan dunia kerja. "Secara global, Purwakarta sudah siap," kata dia.

Untuk mendukung penerapan normal baru,  Pemkab Purwakarta akan menyiapkan semacam pos terpadu. Bupati yang biasa disapa Ambu Anne ini mengimbau agar warga tetap menyesuaikan protokol kesehatan yang telah berlangsung selama ini. Diantaranya jika keluar rumah selalu menggunakan masker, sering cuci tangan pakai sabun, serta menerapkan jaga jarak.

Hingga kini Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Purwakarta mencatat terjadi fluktuasi pada jumlah warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 di daerah tersebut. "Hari ini ada satu orang yang positif dinyatakan sembuh. Tapi ada penambahan lagi seorang warga yang terkonfirmasi positif. Artinya jumlah yang masih berstatus positif dan masih dalam proses oleh tim medis masih tetap sama seperti hari sebelumnya, yaitu 16 orang," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Purwakarta, Deni Darmawan.

Untuk jumlah Orang Dalam Pemantauan jumlahnya mencapai 27 orang dan untuk Pasien Dalam Pengawasan terjadi penambahan dua orang, sehingga totalmenjadi 19 orang.

 

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement