Kamis 28 May 2020 21:17 WIB

Samsung Siap Bikin Chip Exynos Agustus Mendatang

Chip Exynos disebut memiliki efisiensi prosesor hingga 20 persen.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Nora Azizah
Samsung siap kembangkan chip terbaru Exynos 992 (Foto: ilustrasi chip)
Foto: Wallpaper Flare
Samsung siap kembangkan chip terbaru Exynos 992 (Foto: ilustrasi chip)

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Samsung telah mengembangkan proses EUV 5nm untuk beberapa bulan terakhir. Sekarang laporan dari Korea Selatan mengungkapkan produsen siap untuk memulai produksi massal.

ZDNet mengungkapkan chip berikutnya akan disebut Exynos 992. Samsung Electronics memiliki keputusan akhir apakah platform tersebut akan tiba dengan jajaran ponsel pintar Galaxy Note20 pada Agustus mendatang.

Baca Juga

Seperti yang dilansir dari GSM Arena, Kamis (28/5), Exynos 992 akan menggunakan core CPU ARM Cortex-A78 dan arsitektur GPU Mali-G78. Secara teori, ini berarti efisiensi prosesornya 20 persen lebih tinggi dibandingkan dengan yang ada di Cortex-A77 pada Exynos 990.

Sementara itu, unit grafis akan menawarkan kinerja 25 persen lebih baik daripada Mali-G77. ARM mengonfirmasi Cortex-A78 akan digunakan dalam chipset yang dibangun pada proses 5nm yang juga sedang dikembangkan oleh Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC).

Menurut orang dalam industri, Samsung mungkin menggunakan chipset Exynos 992 hanya untuk smartphone Galaxy Note20 di tempat asal, sementara mendorong semua model ponsel untuk luar negeri dengan chipset Snapdragon. Dengan cara itu Samsung akan menunjukkan kekuatannya di divisi Foundry and System LSI dalam upaya untuk memikat perusahaan beralih dari saingan Taiwannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement