Kamis 28 May 2020 19:43 WIB

Kalbe Gandeng Perusahaan Korsel Kembangkan Vaksin Covid-19

Hal ini merupakan kontribusi Kalbe membantu mengatasi pandemi Covid-19.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Fuji Pratiwi
Sejumlah produk PT Kalbe Farma Tbk. PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan perusahaan obat biologi dari Korea Selatan, Genexine,  untuk mengembangkan vaksin corona virus baru atau Covid-19.
Foto: kalbe.co.id
Sejumlah produk PT Kalbe Farma Tbk. PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan perusahaan obat biologi dari Korea Selatan, Genexine, untuk mengembangkan vaksin corona virus baru atau Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan perusahaan obat biologi dari Korea Selatan, Genexine,  untuk mengembangkan vaksin corona virus baru atau Covid-19. Kedua perusahaan sepakat melakukan uji klinik GX-19 di Indonesia.

Pengembangan vaksin ini dilakukan oleh konsorsium yang terdiri dari Genexine, Binex, the International Vaccine Institute(IVI), GenNBio, the Korea Advanced Institute of Science & Technology (KAIST), dan Pohang University of Science & Technology (Postech). Uji klinik vaksin Covid-19 rencananya akan dilakukan pada Juni 2020. 

Baca Juga

"Kerjasama pengembangan vaksin Covid-19 ini merupakan kontribusi Kalbe untuk membantu pemerintah mengatasi pandemi Covid-19 di Indonesia," kata Direktur PT Kalbe Farma Tbk, Sie Djohan, dalam keterangan tertulis, Rabu (27/5).

Sie berharap, upaya penelitian dan pengembangan vaksin Covid-19 ini bisa mendapatkan hasil secepatnya. Sehingga, kebutuhan vaksin di Indonesia dapat terjamin ketersediaannya.

Menurut Sie, riset vaksin ini telah dilakukan kepada primata. Hasil riset tersebut menunjukkan tubuh primata mampu menghasilkan antibodi yang dapat menetralisir Covid-19. Tahapan selanjutnya, vaksin akan diuji kepada manusia. 

Lebih lanjut, Sie mengatakan Kalbe akan menggandeng lembaga pemerintah untuk berkolaborasi mengembangkan vaksin Covid-19 ini. Sehingga, proses penelitiannya berjalan lancar dan hasilnya dapat dimanfaatkan untuk kepentingan kesehatan masyarakat Indonesia.

Seperti diketahui, PT Kalbe Farma Tbk sebelumnya telah menjalin kerja sama dengan Genexine membentuk PT Kalbe Genexine Biologic (KGBio). KGBio merupakan sebuah perusahaan joint venture dalam mengembangkan dan membuat bahan baku obat-obatan  bioteknologi di Indonesia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement