Tuesday, 6 Zulhijjah 1443 / 05 July 2022

Sejumlah Pasar di Kota Tangerang Mulai Gunakan QR Code

Kamis 28 May 2020 19:40 WIB

Red: Nora Azizah

PD Pasar Kota Tangerang mengembangkan elektronifikasi pembayaran dengan melakukan pemasangan QR Code di kios pedagang (Foto: ilustrasi pasar tradisional)

PD Pasar Kota Tangerang mengembangkan elektronifikasi pembayaran dengan melakukan pemasangan QR Code di kios pedagang (Foto: ilustrasi pasar tradisional)

Foto: Republika/Putra M. Akbar
QR Code nantinya bisa dipakai untuk transaksi antara pedagang pasar dan pembeli.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- PD Pasar Kota Tangerang mengembangkan elektronifikasi pembayaran dengan melakukan pemasangan QR Code di kios pedagang. QR Code kini terpasang di sejumlah pasar di wilayah Tangerang.

Direktur PD Pasar Kota Tangerang, Titien Mulyati, dalam keterangannya di Tangerang, Kamis (28/5), mengatakan, saat ini pihaknya melakukan pemasangan barcode di setiap kios dan lapak pedagang di tiga pasar yakni Pasar Anyar, Poris dan Malabar. Tak hanya dapat membayar retribusi, nantinya sistem tersebut digunakan untuk transaksi nontunai antara pihak pedagang dan pembeli di pasar. Program tersebut nantinya akan diterapkan di seluruh pasar yang dikelola oleh PD Pasar. 

Baca Juga

"Elektronifikasi ini merupakan kerjasama dengan Bank BJB," ujar dia.

Ia memaparkan, sistem QR Code merupakan upaya PD Pasar dalam memudahkan pedagang dalam membayar retribusi sehingga tidak meninggalkan aktivitas berdagang. Kemudian juga memudahkan pedagang dan pembeli dalam bertransaksi nontunai.

"Penggunaan QR Code juga merupakan tindak lanjut dari surat edaran Menteri Dalam Negeri tentang implementasi nontunai pada BUMD," ujarnya.

Seperti diketahui, Walikota Tangerang Arief R Wismansyah, sebelumnya telah meresmikan elektronifikasi jasa pengelolaan pasar dan rusunawa bertepatan HUT Kota Tangerang ke 26 pada Februari 2019 lalu. Elektronifikasi adalah mengubah cara pembayaran yang semula menggunakan tunai menjadi non-tunai dan merupakan salah satu bentuk Gerakan Nasional Non-Tunai/GNNT.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA