Tuesday, 29 Zulqaidah 1443 / 28 June 2022

Ketika Brian Clough Pertahankan Gelar untuk Nottingham

Kamis 28 May 2020 18:54 WIB

Rep: Harifiany Praisra/ Red: Gilang Akbar Prambadi

Skuat Nottingham Forest yang merengkuh trofi Piala Champions 1979.

Skuat Nottingham Forest yang merengkuh trofi Piala Champions 1979.

Foto: karebj.blogspot.com
Nottingham Forest menjadi klub disegani bersama sang pelatih legendaris.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Nottingham Forest berhasil mempertahankan gelar juara Piala Eropa pada 28 Mei 1980 silam. Nottingham Forest berhasil menaklukan klub asal Jerman, Hamburg dengan skor tipis 1-0 di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, Spanyol.

Sang juara bertahan masih di bawah pimpinan Brian Clough. Sebelumnya, Nottingham Forrest mengalahkan Malmo pada final 1979. Sang juara mencoba untuk mempertahankan kemenangan di leg pertama dengan kemenangan agregat atas Malmo FF.

Dilansir dari laman Sports Mole, Kamis (28/5), hari ini, 30 tahun silam, jalan Brian Clough membawa timnya untuk mempertahankan juara tidak mudah. Saat semifinal Nottingham harus bertemu dengan Ajax dan unggul 2-0 di leg pertama. Beruntung, kekalahan tipis 0-1 di leg kedua di Amsterdam membuat Nottingham tetap melangkah maju ke babak final.

Sang juara bertahan menang atas skor tipis 1-0 dari Hamburg di babak final. Robertson melakukan gol terobosan di menit 21 dan menjadikannya satu-satunya gol saat itu.

Kemenangan tersebut menjadi rekor sendiri bagi Nottingham Forest. Atas hasil tersebut, Nottingham Forest menjadi klub pertama yang memenangkan Piala Eropa lebih banyak daripada kompetisi domestik mereka.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA