Kamis 28 May 2020 17:41 WIB

Indonesia Kehilangan Potensi Kunjungan 4 Juta Wisman

Setiap bulan sebanyak 1,3 juta-1,4 juta wisatawan asing berkunjung ke Indonesia.

Rep: Dessy Suciati Saputri / Red: Agus Yulianto
Wishnutama Kusubandio
Foto: istimewa
Wishnutama Kusubandio

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio menyampaikan, Indonesia kehilangan potensi kedatangan 4 juta wisatawan asing selama masa pandemi corona. Ia mengatakan, setiap bulannya sebanyak 1,3 juta-1,4 juta wisatawan asing berkunjung ke Indonesia.

”Kalau kita lihat biasanya per bulan itu wisatawan asing itu sekitar 1,3-1,4 juta orang datang ke Indonesia. Kalau dihitung-hitung secara sederhana aja sih mungkin kita kehilangan potensi kedatangan wisatawan asing itu sekitar 4 juta lah sekarang ini. Tapi data persisnya kami juga masih menunggu dari BPS,” jelas Wishnutama saat konferensi pers, Kamis (28/5).

Kini, pemerintah pun berencana untuk membuka kembali sektor pariwisata saat tatanan new normal sudah diberlakukan. Kendati demikian, hanya daerah yang aman dari covid dan telah siap saja yang akan dibuka kembali akses pariwisatanya.

Wishnutama mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membuka kembali destinasi pariwisata. Ia menyebut, destinasi pariwisata dapat dibuka kembali kurang lebih satu bulan setelah mendapatkan izin.  

“Kalau saya sih hitung-hitung sederhana kurang lebih persiapan pelaksanaan tahapan-tahapan itu kurang lebih 1 bulan dari hari dikatakan oke daerah ini kita rencanakan untuk dibuka. Bukan 1 bulan dari sekarang ya catatannya ya, tapi 1 bulan kurang lebih daripada saat ditentukan daerah tersebut bisa dibuka,” ungkapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement