Kamis 28 May 2020 16:00 WIB

Jelang Liga Primer, Gary Neville tak Cemas Kebugaran Pemain

Menurut dia, dua sampai tiga pekan cukup untuk bugarkan pemain.

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Penyerang Liverpool Mohamed Salah berebut bola dengan pemain Bournemouth Nathan Ake dalam laga lanjutan liga Inggris, Sabtu (7/3).
Foto: REUTERS/Phil Noble
Penyerang Liverpool Mohamed Salah berebut bola dengan pemain Bournemouth Nathan Ake dalam laga lanjutan liga Inggris, Sabtu (7/3).

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Legenda sepak bola Inggris, Gary Neville meminta kompetisi Liga Premier kembali digelar pada 19 Juni mendatang. Menurutnya, pemain hanya perlu membutuhkan waktu dua atau tiga pekan latihan.

Liga Primer pun sepakat untuk kembali melakukan latihan rutin pada Rabu (27/5) kemarin. Ini menjadi langkah awal untuk kembali mempersiapkan liga.

Latihan fisik menjadi salah satu langkah besar dalam persiapan kembalinya kompetisi. Cara ini digunakan sebagai adaptasi atas protokol yang diterapkan untuk meminimalisir kontak fisik yang tidak perlu saat pertandingan.

Neville tidak khawatir jangka waktu tersebut bagi persiapan pemain. Menurutnya, tanggal 19 Juni disebut masuk akal untuk kembali melakukan kompetisi.

"Dua atau tiga pekan latihan kebugaran saat di rumah sudah betul dilakukan. Tanggal 12 Juni untuk merasakan sentuhan awal tapi tidak ada alasan untuk lewat 19 Juni untuk memulai kembali," kata Neville dilansir dari laman Sky Sports, Kamis (28/5).

Dia menyebut pemain tidak butuh waktu hingga lima pekan untuk persiapan. Menurutnya, waktu tersebut terlalu lama bahkan lebih lama dari pramusim yang hanya membutuhkan 10 hari saja.

"Mereka tidak akan 100 persen fit tetapu ini adalah waktu yang belum dipetakan. Saya tidak berharap pemain benar-benat sempurna. Saya merasa dua pekan sudah tepat untuk membuat mereka kembali bermain lagi," katanya.

Neville mengakui, tidak bermain selama delapan pekan akan mempengaruhi penampilan mereka. Namun persiapan hingga enam pekan dirasa Neville terlalu berlebihan.

"Jika ini adalah final turnamen atau pertandingan liga, dan seorang pemain telah absen selama delapan pekan karena cedera dan dia hanya memiliki 10 hari pelatihan, dia akan berjuang untuk masuk ke dalam skuad itu. Saya tidak setuju dengan kebutuhan untuk periode waktu yang panjang," tegasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement