Kamis 28 May 2020 15:47 WIB

Pasien Covid-19 Sembuh Setelah 50 Hari Gunakan Ventilator

Seorang binaragawan di Inggris terinfeksi Covid-19 hingga harus dipasangi ventilator.

Rep: Puti Almas/ Red: Reiny Dwinanda
Ventilator. Seorang pasien Covid-19 di Inggris sembuh setelah mengalami koma dan memakai ventilator selama 50 hari.
Foto: John Minchillo/AP
Ventilator. Seorang pasien Covid-19 di Inggris sembuh setelah mengalami koma dan memakai ventilator selama 50 hari.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Seorang pria di Inggris bernama Steve Banks sembuh dari Covid-19 setelah 50 hari menjalani perawatan di rumah sakit menggunakan ventilator. Ia pertama kali jatuh sakit pada 17 Maret dengan gejala demam dan batuk.

Dilansir Fox News, lebih dari seminggu kemudian, pada tanggal 25 Maret, Banks dilarikan ke rumah sakit ketika mulai mengalami kesulitan bernapas. Ia kemudian didiagnosis positif terinfeksi virus corona tipe baru, penyebab Covid-19.

Baca Juga

Tidak lama kemudian, Banks diintubasi dan dilaporkan dalam kondisi koma. Pada saat itu, Banks dikatakan hanya memiliki peluang hidup yang rendah.

Ketika dalam kondisi koma, Banks yang pertama kali dibawa ke Rumah Sakit Basildon dan kemudian dipindahkan ke Chelmsford dua hari setelahnya,  dilaporkan menderita gagal jantung, ginjal, dan pernapasan, serta infeksi sepsis. Lebih dari tujuh pekan kemudian, keajaiban terjadi.

Banks terbangun dari koma dan disambut dengan suara tepuk tangan dari perawat dan dokter. Saat itu, ia mengaku terkejut karena belum mengetahui apa yang telah dialaminya.

“Ketika saya bangun, saya di rumah sakit yang berbeda, saya tidak bisa berbicara, dan ada banyak perawat di sekitar saya bertepuk tangan. Itu adalah momen yang sangat nyata,” ujar Banks dilansir Fox News, Kamis (28/5).

Pria yang berprofesi sebagai binaragawan itu mengatakan tidak memiliki masalah kesehatan terdahulu dan aktif secara fisik sebelum jatuh sakit. Banks tidak pernah menyangka terinfeksi virus corona jenis baru karena merasa telah menjaga diri dengan baik.

"Ini benar-benar membuat saya terpukul, ketika saya bangun saya melihat ke cermin dan tidak mengenali sendiri. Saya telah kehilangan begitu banyak otot dan menjadi setengah dari pria yang dulu,” jelas Banks.

Meski demikian, Banks bersyukur masih diberikan kesempatan untuk hidup di saat hanya sedikit harapan tersisa. Ia mengungkapkan bagaimana istri dan kedua anaknya hingga orang-orang di sekitarnya mengatakan ini adalah keajaiban.

“Mengetahui seberapa dekat saya mengucapkan selamat tinggal, itu sangat mengejutkan. Semua orang yang saya ajak bicara mengatakan bahwa ajaib saya masih hidup,” kata Banks.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement