Kamis 28 May 2020 15:47 WIB

Inginkan Lautaro, Barca Wajib Punya Dana Rp 1,8 Triliun

Penyerang berusia 22 tahun itu punya nilai klausa pelepasan mencapai 111 juta euro.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pemain Barcelona Nelson Semedo, kiri, mencoba menghentikan pemain Inter Milan Lautaro Martinez, tengah, di penyisihan grup F Liga Champions, di Camp Nou Barcelina, Spanyol, Kamis (3/10).
Foto: AP
Pemain Barcelona Nelson Semedo, kiri, mencoba menghentikan pemain Inter Milan Lautaro Martinez, tengah, di penyisihan grup F Liga Champions, di Camp Nou Barcelina, Spanyol, Kamis (3/10).

REPUBLIKA.CO.ID, MILAN -- Direktur Teknis Inter Milan, Piero Ausilio, mengungkapkan, dari berbagai klub besar Eropa yang berminat merekrut Lautaro Martinez, Barcelona menjadi klub yang paling bernafsu. Ausilio pun menegaskan, striker asal Argentina itu baru bisa hengkang dari La Benemata apabila ada klub yang mau mengaktifkan klausa pelepasannya.

Kendati dikontrak Inter Milan hingga 2023 mendatang, penyerang berusia 22 tahun itu memiliki nilai klausa pelepasan mencapai 111 juta euro atau sekitar 1,8 triliun rupiah. Namun, klausa pelepasan ini pun hanya bisa diaktifkan hingga awal Juli mendatang dan mesti dibayarkan secara tunai. 

Di sisi lain, klub-klub peminat Martinez, termasuk Barcelona, enggan mengaktifkan klausa tersebut lantaran tinggi nilainya klausa pelepasan itu. Belum lagi dengan memburuknya kondisi keuangan sebagian besar klub sebagai akibat tidak langsung dari pandemi Covid-19. 

Alhasil, Barcelona sempat menawarkan sejumlah pemain sekaligus dana transfer kepada Inter Milan untuk bisa melepas Martinez. Namun, semua tawaran itu ditolak oleh La Beneamata. I Nerazzurri pun tetap menegaskan posisinya terkait kemungkinan kepindahan Martinez pada bursa transfer pemain musim panas mendatang. 

''Hanya ada satu cara memboyong Martinez dari Inter Milan, yaitu dengan cara membayar nilai klausa pelepasannya. Semua orang tahu tentang klausa itu. Klausa itu cukup sulit karena memiliki tenggat waktu dan memiliki nilai yang cukup tinggi. Hanya dengan cara itu, kami tidak akan melihat Martinez di Inter Milan pada musim depan,'' kata Ausilio seperti dikutip Football Italia, Kamis (28/5).

Selain Barcelona, Manchester United dan Chelsea juga dikabarkan berminat merekrut Martinez. Namun, Ausilio mengakui, Barcelona menjadi klub yang paling ngotot untuk bisa mendapatkan Martinez. 

''Sudah banyak klub yang menghubungi kami soal Martinez, tapi Barcelona yang paling bernafsu. Kami memiliki kerjasama dan hubungan baik dengan mereka. Namun, sikap kami sudah jelas, tidak akan melepas salah satu pemain andalan kami. Klausa pelepasan adalah satu-satunya opsi buat mereka,'' tutur Ausilio.

Performa Martinez pada musim ini memang cukup impresif. Eks penyerang Racing itu sukses mengemas yang telah mencetak 16 gol dari 31 penampilan di semua ajang tersebut. Catatan ini jauh meningkat drastis dibanding musim lalu saat dia masih menjalani musim debutnya bersama Inter Milan, dengan torehan sembilan gol dari 35 laga di semua ajang. 

Imbas dari penampilan impresit tersebut, Barcelona akhirnya kepincut untuk mendatangkan Martinez pada bursa transfer pemain akhir musim ini. Penyerang timnas Argentina itu dianggap sebagai pengganti dan penerus ideal dari penyerang asal Uruguay, Luis Suarez, yang telah berusia 33 tahun. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement