Kamis 28 May 2020 15:47 WIB

Pelindo III Sediakan 50 Ribu Rapid Test Gratis

Hal ini diharapkan membantu pemetaan persebaran Covid-19 di Jatim.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Fuji Pratiwi
PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) sediakan 50 ribu alat rapid tes Covid-19 gratis bagi warga di Jawa Timur (Jatim), Kamis (28/5).
Foto: dok. Pelindo III
PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) sediakan 50 ribu alat rapid tes Covid-19 gratis bagi warga di Jawa Timur (Jatim), Kamis (28/5).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III menyediakan 50 ribu rapid test Covid-19 gratis bagi warga di Jawa Timur (Jatim). Kegiatan ini rencananya digelar berkala.

Direktur Utama Pelindo III Doso Agung mengatakan, hal ini merupakan sikap perusahaan dalam mendukung upaya pemerintah menangani Covid-19. Kegiatan ini juga sesuai dengan program dari Kementerian BUMN untuk turut aktif dalam memutus rantai Covid-19.

Baca Juga

"Bantuan ini untuk masyarakat maritim di Jawa Timur yaitu pelaku logistik antar pulau, nelayan, masyarakat pesisir, warga di wilayah pelabuhan perikanan dan penyeberangan. Begitu warga di pondok pesantren serta masyarakat lainnya dengan dikoordinasikan bersama Pemerintah Provinsi Jatim dan BPBD," ujar Doso dalam keterangan tertulis yang diterima Republika di Jakarta, Kamis (28/5).

Doso menyampaikan pada tahap pertama, Pelindo III melakukan rapid test di Pelabuhan Jangkar Situbondo, Jawa Timur, dan selanjutnya pelabuhan penyeberangan Ketapang di Banyuwangi. Selain itu, Pelindo III juga akan melakukan jemput bola dengan mendatangi di titik-titik aktivitas sehari-hari dengan melakukan tes di zona-zona yang masih dianggap merah.

Kata Doso, Pelindo III secara berkala akan menggelar rapid test dalam waktu dekat. Ia berharap hal ini bisa membantu pemerintah dalam mendeteksi peta persebaran Covid-19 di Jawa Timur.

"Untuk tahap awal akan dilaksanakan pengetesan cepat sebanyak 5.000 rapid test. Kami akan melakukan sistem jemput bola dalam pelaksanaan bantuan rapid test gratis ini," ucap Doso.

Doso mengatakan tim Pelindo III bekerja sama dengan gugus tugas pemerintah daerah yang akan datang langsung ke wilayah yang dianggap rawan penyebaran Covid-19. Pelindo III, lanjut Doso, ingin memberikan kesempatan yang sama bagi seluruh masyarakat untuk mendapat fasilitas deteksi dini Covid-19 tersebut.

"Deteksi dini sangat bermanfaat dalam pemetaan penyebaran Covid-19 di Indonesia," lanjut Doso.

Doso mengatakan upaya tersebut merupakan dukungan nyata Pelindo III membantu pemerintah menekan penyebaran Covid-19, khususnya di Jawa Timur. Terlebih, jumlah angka penderita Covid-19 di Jawa Timur masih belum menunjukkan tren menurun beberapa waktu terakhir. Untuk pelaksanaannya, Pelindo III menunjuk anak perusahaannya yaitu RS PHC Surabaya sebagai sebagai pelaksana rapid test.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement