Saturday, 20 Zulqaidah 1441 / 11 July 2020

Saturday, 20 Zulqaidah 1441 / 11 July 2020

Traffic Data Telkomsel Naik 22,8% Selama Lebaran

Jumat 29 May 2020 05:05 WIB

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id

Traffic Layanan Data Telkomsel Naik 22,8% Selama Libur Lebaran. (FOTO: Telkomsel)

Traffic Layanan Data Telkomsel Naik 22,8% Selama Libur Lebaran. (FOTO: Telkomsel)

Traffic Layanan Data Telkomsel Naik 22,8% Selama Libur Lebaran

Warta Ekonomi.co.id, Jakarta

Telkomsel mencatat kenaikan traffic layanan data pada momen Ramadan dan Idulfitri menjadi 26,7 Petabyte atau meningkat 22,8% dibanding traffic layanan data pada hari normal. Secara persentase, wilayah  Sumatera Selatan, Sumatera Utara, dan Jawa Barat mengalami peningkatan penggunaan layanan data tertinggi hingga 35% dibandingkan hari normal.

Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro, mengatakan bahwa traffic layanan data mencatat kenaikan paling tinggi sebesar 75,4%, sedangkan layanan video streaming naik 13,8% dan mobile gaming naik 83,7%.

Baca Juga: Genap 25 Tahun Bersama Masyarakat, Telkomsel Konsisten Melayani Negeri

Telkomsel juga mencatat, selama momen Ramadan dan Idulfitri 2020, ada lima aplikasi berbasis digital yang paling banyak diakses pelanggan (secara berurutan), yaitu Youtube, Facebook, Whatsapp, Instagram, dan Google Service.

"Platform media sosial sendiri secara keseluruhan menjadi layanan berbasis data yang paling sering diakses oleh pelanggan, dengan proporsi 30,8% dari total jenis layanan data yang diakses selama momen Ramadan dan Idulfitri," kata dia di Jakarta, Rabu (27/5/2020).

Di sisi lain, layanan suara dan SMS mengalami penurunan trafik jika dibandingkan dengan hari normal. Trafik layanan suara turun sebesar -0,9% menjadi 1,1 miliar menit, sedangkan trafik layanan SMS turun -12,1% menjadi 495 juta SMS.

"Penurunan trafik pada layanan ini terjadi akibat makin kuatnya adopsi masyarakat dalam pemanfaatan layanan broadband dan digital, khususnya dalam berdaptasi dengan gaya hidup baru untuk mendukung produktivitas saat beraktivitas di rumah selama pandemi Covid-19 saat ini," pungkasnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA