Tuesday, 16 Zulqaidah 1441 / 07 July 2020

Tuesday, 16 Zulqaidah 1441 / 07 July 2020

Dampak Covid-19, Pengiriman Berbagai Gadget Diramal Merosot

Ahad 31 May 2020 02:10 WIB

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id

Dampak Covid-19, Pengiriman Berbagai Gadget Diramal Merosot. (FOTO: REUTERS/Michael Dalder)

Dampak Covid-19, Pengiriman Berbagai Gadget Diramal Merosot. (FOTO: REUTERS/Michael Dalder)

Dampak Covid-19, Pengiriman Berbagai Gadget Diramal Merosot

Warta Ekonomi.co.id, Jakarta

Pengiriman gadget, seperti PC, tablet, dan smartphone, diprediksi akan menurun secara global sebesar 13,6% pada 2020 sebagai akibat dari pandemi Covid-19, menurut perkiraan perusahaan riset Gartner dikutip dari Cnet (27/5/2020). Pengiriman PC, tablet, dan ponsel akan turun hingga angka 1,9 miliar unit tahun ini.

Secara rinci, pengiriman PC diperkirakan menurun 10,5% tahun ini, meskipun Gartner mengatakan itu bisa "jauh lebih buruk."

Peningkatan jumlah orang yang bekerja dari rumah telah mendorong departemen TI untuk beralih ke lebih banyak notebook, tablet, dan perangkat Chromebook untuk pekerja, menurut Gartner.

Baca Juga: Indosat Ooredoo Adaptasi Teknologi Ericsson, Jaringan Makin Mulus

"Lockdown karena Covid-19 memaksa bisnis dan sekolah untuk memungkinkan jutaan orang bekerja dari rumah dan meningkatkan pengeluaran untuk notebook, Chromebook, dan tablet baru," kata Ranjit Atwal, direktur riset senior di Gartner dikutip dari Cnet.

"Pendidikan dan instansi pemerintah juga meningkatkan pengeluaran pada perangkat itu untuk memfasilitasi e-learning," lanjutnya.

Gartner juga memperkirakan bahwa pengiriman smartphone akan turun 14,6% karena masa pakai telepon meningkat dari 2,5 tahun pada 2018 menjadi 2,7 tahun pada 2020.

"Sementara pengguna telah meningkatkan penggunaan ponsel mereka untuk berkomunikasi dengan kolega, mitra kerja, teman, dan keluarga selama penguncian, berkurangnya pendapatan mengakibatkan lebih sedikit konsumen memiliki daya beli meningkatkan ponsel mereka," kata Atwal.

Tren ini juga meluas ke ponsel 5G. Meskipun opsi 5G yang terjangkau diharapkan untuk mendorong peningkatan telepon, ponsel 5G sekarang diperkirakan hanya mengisi 11% dari total pengiriman ponsel pada tahun 2020, menurut Gartner.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA