Rabu 27 May 2020 20:38 WIB

Daftar 73 Mal yang Buka Saat New Normal

Daftar 73 Mal yang Buka Saat New Normal

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com
 Daftar 73 Mal yang Buka Saat New Normal
Daftar 73 Mal yang Buka Saat New Normal

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Menyambut pemberlakuan New Normal yang dikampanyekan Pemerintah Indonesia, Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Jawa Barat (Jabar) bersiap kembali untuk membuka  operasional 73 mal di bawah naungannya. Hal ini dilakukan setelah sejak Akhir Maret lalu 73 mal ini ditutup sementara imbas pandemi  covid-19. 

Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Jawa Barat (Jabar) Arman Hermawan menyampaikan, pembukaan 73 mal ini bakal dilakukan bila  pemberlakukan Pembatasan Berskala Besar (PSBB) selesai pada 29 Mei nanti.

Meski begitu, pembukaan 73 mal ini akan tetap mengutamakan protokol kesehatan sesuai dengan masa penerapan New Normal yang dianjurkan pemerintah.

"Kita akan buka itu tanggal 30 Mei. Di 30 Mei ini serentak kita buka untuk 73 mal ini. Tentunya tanggal 30 itu tidak bisa buka 100% ya, kita coba buka dulu, ibaratnya soft opening lah tanggal 30 ini. Kita mengatur segala sesuatunya dengan baik, mungkin seminggu setelah tanggal 30 baru bener-bener bisa buka full," kata Arman kepada Ayobandung.com, Rabu (27/5/2020).

untuk Kesiapan mal menyambut New Normal, Arman menyebut, 73 mal ini sudah beberapa kali melakukan persiapan atau simulasi di masing-masing pusat perbelanjaan terhadap untuk melakukan standar protokol kesehatan. Adapun standar utamanya mulai dari penjagaan di pintu-pintu masuk, yaitu dengan termogram untuk mengecek suhu tubuh para pengunjung dan karyawan toko maupun karyawan dari pusat belanja itu sendiri.

Penggunaan masker pun wajib bagi setiap pengunjung dan karyawan toko. Termasuk pengadaan tempat cuci tangan dan hand sanitizer di setiap titik pintu masuk-keluar dari eskalator maupun pintu masuk lift. Pihaknya pun bakal melakukan penyemprotan berkala disinfektan di dalam area pusat belanja maupun sekitarnya.

Di sisi lain, Arman menyebut, pihaknya akan membatasi kapasitas kunjungan ke pusat perbelanjaan maupun di dalam tenant dengan membatasi  jumlah kepadatan pengunjung. Hal ini dilakukan dengan cara checker atau counting kendaraan yang masuk maupun pengunjung yang masuk.

"Jadi kita terapkan standar maksimal 50% pengunjung yang dibolehkan masuk ke dalam satu pusat belanja. Tidak hanya itu, di dalam toko pun kita atur. Jadi kepada para pemilik toko yang beroperasi tenant-tenantnya itu hanya diizinkan 50% dari kapasitas pengunjung di dalam toko tersebut. Jadi apabila sudah mendekati 50% kita adakan sistem buk tutup pintu," katanya menjelazkan.

Sementara itu Arman menyampaikan, usai melakukan soft opening serentak di 73 mal, APPBI Jawa Barat akan mengevaluasi sejauh mana kesiapsiagaan pusat perbelanjaan maupun tenant-tenant dalam mengikuti arahan masa New Normal. Termasuk, lanjut Arman, pihaknya pun akan melihat seperti apa kondisi kesiapan masyarakat dalam beradaptasi dengan status New Normal.

"Karena ini sebenernya kembali ke kesiapan masyarakat atau para pengunjungnya, pengunjungnya bisa disiplin atau tidak? Jadi kita harapkan pengunjungnya juga bisa disiplin, bisa mengatur jaga jarak saat naik atau masuk antrean ke dalam mal juga diatur jaraknya 1 meter-1 meter, begitu pun naik ekskalator maupun lift. Diharapkan pengunjungnya juga mempunyai kesadaran yang tinggi," ujarnya.

Berikut data Mall Anggota APPBI Jawa Barat yang akan buka pada 30 Mei mendatang:

1. Festival CityLink

2. Braga City Walk

3. 23 Paskal Shopping Center

4. Paris Van Java  (PVJ)

5. Trans Studio Mall Bandung

6. Cihampelas Walk (Ciwalk)

7. Bandung Indah Plaza

8. Istana Plaza

9. Istana  Bandung Electronic Center

10. The Plaza Istana Building Commodities Centre (IBCC)

11. Bandung Trade Center (BTC) Fashion Mall

12. Kings Shopping Center

13. Metro Indah Mall

14. Miko Mall

15. Bandung Trade Mall

16. Parahyangan Plaza

17. Pusat Belanja Balubur

18. Pasar Baru Square

19. Click Square

20. Living Plaza Pasirkaliki

21. UBERTOS

22. Jatinangor Town Square (Jatos)

23. Plaza Asia Sumedang

24. Cimahi Mall

25. Plaza Asia

26. Mayasari Plaza

27. CSB Mall

28. Grage City Mall Cirebon

29. Ekalokasari Plaza ( Lippo Plaza Bogor )

30. Bellanova Country Mall

31. Botani Square Bogor

32. Bogor Trade Mall

33. ITC Depok

34. Depok Town Square

35. Dmall Depok

36. Margo City

37. Pesona Square

38. Cimanggis Square

39. Lippo Plaza Keboen Raya Bogor

40. Mall Metropolitan Cileungsi

41. Trans Studio Mall Cibubur

42. Boxies 123

43. Revo Town Bekasi

44. Grand Mall Bekasi

45. Blu Plaza

46. Bekasi Trade Center

47. Mal Lippo Cikarang

48. Mega Bekasi

49. Plaza Cibubur

50. Plaza Taman Harapan Baru

51. Sentra Grosir Cikarang (SGC)

52. Grand Galaxy Park

53. Mall Metropolitan Bekasi

54. Mall Lagoon Avenue Bekasi

55. Mal Ciputra Cibubur

56. Resinda Park Mall

57. Pusat Grosir Bogor Merdeka

58. Bekasi Cyber Park

59. Mall STS Purwakarta

60. Lippo Cikarang

61. Supermall Karawang

62. Plaza Jababeka

63. Mall Cikampek

64. Plaza Mtropolitan Tambun

65. Cikarang Trade Center

66. Mall Karawang

67. Sadang Terminal Square

68. Plaza Pondok Gede

69. Summarecon Mall Bekasi

70. Citywalk Lippo Cikarang

71. Maxx Box Orange County

72. Pangrango Plaza

73. Cibinong City Mall

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement