Rabu 27 May 2020 15:54 WIB

6 Cara Membuat Pori-Pori Wajah Tampak Lebih Kecil

Pori-pori wajah tampak lebih lebar ketika tersumbat oleh sebum dan sel kulit mati.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Perawatan wajah. (ilustrasi).  Meski ukurannya tidak bisa berubah, pori-pori wajah bisa tampak lebih kecil bila dijaga tetap bersih.
Foto: EPA/Shahzaib Akber
Perawatan wajah. (ilustrasi). Meski ukurannya tidak bisa berubah, pori-pori wajah bisa tampak lebih kecil bila dijaga tetap bersih.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ukuran pori-pori wajah pada dasarnya tidak berubah. Akan tetapi, pori-pori wajah bisa tampak lebih lebar ketika tersumbat oleh sebum, sel kulit mati, kotoran atau produk riasan wajah.

Pori-pori wajah yang tersumbat juga tak hanya mengganggu penampilan. Kondisi ini juga bisa menyebabkan masalah yang lebih besar lagi seperti jerawat, bekas jerawat dan hiperpigmentasi.

Baca Juga

Meski ukurannya tidak bisa berubah, pori-pori wajah bisa tampak lebih kecil bila dijaga tetap bersih. Berikut ini adalah enam cara yang bisa dilakukan untuk mencegah pori-pori tersumbat dan membuat pori-pori tampak lebih kecil, seperti dilansir Women's Health.

Pembersih dengan asam salisilat

Asam salisilat dapat membantu membersihkan pori-pori dari berbagai kotoran yang menyumbat. Oleh karena itu, pembersih wajah yang mengandung asam salisilat bisa menjadi solusi. Saat menggunakan pembersih yang mengandung asam salisilat, biarkan pembersih tersebut di wajah lebih lama sebelum dibilas dengan air.

Masker seminggu sekali

Cara lain untuk mengatasi pori-pori tersumbat adalah menggunakan masker arang atau lumpur seminggu sekali. Penggunaan masker arang atau lumpur bisa menyerap kotoran, bakteri, sebum, atau minyak keluar dari pori-pori.

Ekstraktor komedo

Penggunaan ekstraktor komedo cukup aman dan efektif untuk mengatasi pori-pori tersumbat. Pastikan untuk selalu membersihkan ekstraktor komedo dengan alkohol setiap kali selesai digunakan.

"Ekstraktor komedo biasa digunakan dalam terapi ekstraksi di klinik dermatologi, jadi alat ini baik dan aman untuk digunakan ketika berurusan dengan pori-pori tersumbat," ungkap ahli dermatologi Mona Gohara MD.

Retinoid

Retinoid bisa membantu orang-orang yang mudah bermasalah dengan jerawat atau tidak percaya diri dengan pori-pori mereka. Retinoid ada yang bisa dibeli secara bebas (over the counter) dan ada pula yang harus dengan resep dokter. Penggunaan retinoid dapat memperkuat dinding pori-pori dan membuat pori-pori tampak lebih kecil.

"Retinoid juga berperan untuk eksfoliasi," jelas ahli dermatologi Shari Marchbein MD.

Plester komedo

Penggunaan pore strip bisa membantu membuang kotoran dan minyak yang ada di dalam pori-pori. Untuk hasil yang maksimal, plester komedo  sebaiknya digunakan setidaknya satu kali seminggu karena pori-pori akan selalu terisi kembali dengan kotoran.

Facial jerawat di klinik

Perawatan facial jerawat di klinik juga merupakan cara yang efektif untuk membersihkan pori-pori tersumbat. Beberapa terapi seperti hydrafacial dan mikrodermabrasi merupakan opsi yang tidak begitu agresif dan dapat memperbaiki tampilan pori-pori dengan cara mengeksfoliasi kulit secara mekanis.

Facial jerawat juga dapat membantu bahan-bahan seperti asam salisilat untuk meresap lebih dalam ke kulit. Dengan begitu, kulit bisa tampak lebih bersinar dan pori-pori tampak lebih kecil.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement