Monday, 15 Rabiul Akhir 1442 / 30 November 2020

Monday, 15 Rabiul Akhir 1442 / 30 November 2020

7 film Hollywood yang Disebut Terinspirasi dari Bollywood

Rabu 27 May 2020 12:54 WIB

Red: Qommarria Rostanti

Salah satu adegan di film Pearl Harbor.

Salah satu adegan di film Pearl Harbor.

Foto: Buena Vista Pictures,
Film-film ini memiliki jalan cerita yang sama.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Film-film Bollywood sering dicap meniru karya film dari Hollywood. Sebut saja film Salaam-e-Ishq, Dil Bole Hadappa, Dostana, dan Mitra, dan The Girl on the Train. Tidak jarang tim produksi film Bollywood yang merepresentasikan karyanya sebagai remake dari sinema Hollywood.

Namun bukan berarti Hollywood tidak pernah terinspirasi dari Bollywood. Setidaknya ada tujuh judul film Hollywood yang memiliki cerita sama dengan Bollywood. Dilansir di laman GQ India, ketujuh film yang disebut terinspirasi dari sinema Bollywood adalah sebagai berikut:

1. Just Go With It - Maine Pyaar Kyun Kiya

Dalam film Just Go With It yang diluncurkan pada 2011 ini, aktor Adam Sandler berperan sebagai ahli bedah plastik sukses. Dia kerap menggoda wanita dengan berbohong tentang pernikahannya yang tidak bahagia. Saat mengincar wanita pujaannya, dia mengatakan telah akan bercerai dan meyakinkan asistennya, Jennifer Aniston, untuk berpura-pura menjadi istrinya yang akan segera menjadi mantan istri untuk menutupi kebohongannya.

Dia juga mengajak anak-anak Jennifer untuk bermain bersama dan berpura-pura menjadi anak-anaknya. Mereka sering berbohong, hingga akhirnya menyadari perasaan satu sama lain. Kedengarannya tidak asing? Film tersebut sama dengan karya Bollywood berjudul Maine Pyaar Kyun Kiya. Film yang dibintangi Salman Khan dan Sushmita Sen ini ditayangkan pada 2005.

2. Fear - Darr

Darr adalah salah satu film sukses di Bollywood. Pecinta film India tidak akan pernah bisa melupakan si penguntit gila yang diperankan oleh Shah Rukh Khan. Shah Rukh Khan dikisahkan angat terobsesi oleh tokoh yang diperankan aktris Juhi Chawla. Di film itu, Shah Rukh Khan mengukir nama "Kiran" di dadanya.

Tiga tahun kemudian, Mark Wahlberg melakukan sesuatu serupa. Di film Fear karya James Foley ini, dia mengukir nama "Nicole" di dadanya. Nama film tersebut adalah terjemahan harfiah dari film Bollywood pada 1993. Namun ada beberapa perbedaan dalam versi Amerika, seperti Mark Wahlberg berkencan dengan Reese Witherspoon dalam film tersebut, tetapi Shah Rukh Khan tidak mendapat kesempatan berkencan dengan Juhi Chawla.

3. Delivery Man - Donor Vicky

Film karya Ayushmann Khurrana (2012), Vicky Donor mengangkat kisah tentang donasi sperma. Film bergenre komedi romantis itu tidak hanya menjadi salah satu film besar, tetapi juga tampaknya menginspirasi film Hollywood (2013) berjudul Delivery Man yang dibintangi Vince Vaughn, Chris Pratt, dan Cobie Smulders.

4. Leap Year - Jab We Met

Meski narasi kedua film berbeda, namun mereka memiliki premis yang sama. Leap Year yang dibintangi Amy Adams dan Matthew Goode berbagi banyak kesamaan dengan sinema Bollywood karya sutradara Imtiaz Ali yang diperankan oleh Shahid Kapoor dan Kareena Kapoor Khan.

Leap Year berkisah tentang seorang wanita yang ingin melamar kekasihnya. Namun, hal itu tidak semudah karena dalam perjalanannya, dia menghadapi banyak tantangan. Salah satunya adalah menangkap perasaan untuk seorang pria yang berteman dengannya dalam sebuah perjalanannya, yang membawanya untuk bertemu kekasihnya.

5. A Common Man - A Wednesday

Film karya Neeraj Pandey, A Wednesday, dibintangi Anupam Kher dan Naseeruddin Shah. Film yang dirilis pada 2008 ini merupakan  salah satu film terbesar yang pernah dibuat dalam genre thriller. Film ini memenangkan berbagai penghargaan. Masuk akal bagi sutradara lain tertarik dengan film klasik ini dan memberikan alur cerita mereka sendiri. Pada 2013, film A Common Man dirilis, yang dikatakan sebagai remake dari A Wednesday.

6. Hitch - Choti Si Baat

Pada 2007, sutradara film India David Dhawan dikritik karena meniru film komedi romantis milik Will Smith, Hitch. Padahal film Hitch bukan konsep orisinal Hollywood. Bahkan, banyak yang percaya film ini memiliki banyak kesamaan dengan film Bollywood berjudul Choti Si Baat yang dirilis pada 1976. Film ini yang dibintangi oleh Amol Palekar, Vidya Sinha, dan Ashok Kumar.

Film tersebut berkisah tentang seorang pria pemalu yang jatuh cinta dengan seorang wanita. Namun, dia tidak tahu bagaimana mengekspresikan perasaannya kecuali menontonnya dari kejauhan. Dia mencari bantuan dari seorang pria, yang menjadikannya sebagai misi hidupnya untuk membantu orang-orang terjebak dalam cinta dan bersama-sama mereka mengubahnya dari seorang pria yang pemalu menjadi seseorang yang penuh gaya.

7. Pearl Harbor - Sangam

Film perang romantis AS yang dirilis pada 2001 ini menampilkan Ben Affleck, Kate Beckinsale, dan Josh Hartnett. Film tersebut mempunyai banyak kesamaan dengan film lawas Bollywood, Sangam, yang dirilis pada 1964 yang dibintangi oleh Raj Kapoor, Rajendra Kumar, dan Vyjayantimala.

Kedua film tersebut menceritakan tentang dua sahabat yang jatuh cinta pada wanita yang sama. Salah satu dari mereka membuat pengorbanan utama untuk kebahagiaan yang lain. Yang berbeda, di film versi AS, dua pria tersebut bekerja sebagai pilot tempur. Sementara versi India keduanya adalah pilot Angkatan Udara India.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA