Rabu 27 May 2020 11:12 WIB

Penampilan Perlente ala Usman bin Affan yang Pemalu

Usman bin Affan selalu mengenakan pakaian yang bagus dan berkualitas tinggi.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
Penampilan Perlente ala Usman bin Affan yang Pemalu. Ilustrasi Sahabat Nabi
Foto: MgIt03
Penampilan Perlente ala Usman bin Affan yang Pemalu. Ilustrasi Sahabat Nabi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sayyidina Usman bin Affan merupakan salah satu sahabat Nabi yang terkenal paling kaya dan dermawan. Karena merupakan orang yang memiliki kemampuan dalam hal materi, Sayyidina Usman bin Affan juga memiliki penampilan khas.

Dalam buku Usman bin Affan karya Muhammad Husain Haekal dijelaskan, secara perawakan, ketika dibaiat di usia 70 tahun, Usman bin Affan merupakan salah satu sahabat Nabi yang berperawakan sedang. Wajahnya tampan, beliau tidak tinggi dan tidak juga pendek, dan berkulit cerah dengan sawo matang yang terdapat sedikit bekas cacar.

Baca Juga

Secara fashion, gigi beliau dilapisi emas dan beliau mengenakan cincin emas pula di jari kirinya. Sayyidina Usman bin Affan selalu mengenakan pakaian yang bagus dan berkualitas tinggi.

Namun demikian, dengan segala gaya penampilan itu, beliau merupakan sosok yang pemalu. Dalam sebuah hadits disebutkan Rasulullah SAW bersabda: "Ashdaqu ummati khaya-an Usmanan." Yang artinya: "Umatku yang benar-benar pemalu adalah Usman."

 

Rasa malu beliau semakin bertambah apabila dilihat orang. Salah seorang pembantu istrinya bernama Bananah pernah datang membawakan bajunya ketika beliau sedang mandi, segera saja Sayyidina Usman berkata: “Jangan melihat saya, tidak boleh!”

Sifat pemalunya ini membuat orang lain juga menjadi malu padanya. Suatu ketika Rasulullah pernah duduk-duduk dan pahanya terbuka, Abu Bakar meminta izin akan masuk. Ia diizinkan tanpa Nabi mengubah posisinya.

Ketika Umar datang meminta izin, ia juga diizinkan tanpa Nabi mengubah posisinya. Namun, ketika Usman meminta izin, Rasulullah pun menurunkan pakaiannya.

Aisyah pun bertanya kepada Rasulullah atas sikap beliau tersebut. Rasulullah pun berkata kepada Aisyah: "Usman orang yang sangat pemalu. Saya khawatir kalau saya mengizinkannya dalam keadaan begitu maka ia tidak dapat mengutarakan maksudnya."

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement