Rabu 27 May 2020 10:46 WIB

Mencoba Resep Roti Scones yang Mudah Dibuat di Rumah

Scones merupakan roti asal Eropa yang bisa dibuat sebagai teman minum teh atau kopi.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Nora Azizah
Scones merupakan roti asal Eropa yang bisa dibuat sebagai teman minum teh atau kopi (Foto: ilustrasi roti scones)
Foto: Flickr
Scones merupakan roti asal Eropa yang bisa dibuat sebagai teman minum teh atau kopi (Foto: ilustrasi roti scones)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masih dalam suasana Idul Fitri, tak ada salahnya jika kita membuat menu yang berbeda sebagai hidangan. Membuat roti scones, roti yang berasal dari Eropa, juga menjadi sebuah pilihan hidangan yang bisa dibuat sebagai teman minum teh atau kopi.

The Telegraph merekomendasikan sebuah roti scones yang diproduksi oleh sebuah toko roti bernama The Model Bakery, kuliner Napa Valley, di Amerika Serikat. Roti scones dari The Model Bakery, dibuat dengan krim dan adonan yang lezat, khas roti scones Inggris pada umumnya.

Baca Juga

Roti scones itu pun bisa dibuat sendiri di rumah dengan waktu persiapan sekitar 20 menit dan waktu memasak sekitar 30 menit untuk penyajian delapan irisan besar. Berikut resep dan cara membuat roti scones krim double, dilansir di laman The Telegraph, Rabu (27/5).

BAHAN:

 

500 gram tepung terigu

65 gram gula kastor atau gula tepung

2 sdm baking powder

130 gram mentega dingin yang dipotong dadu

420 milliliter double cream, dan tambahan sedikit untuk memulas scone

1 butir telur

photo
(Foto: ilustrasi roti scones) - (Flickr)

Cara Membuat:

1- Panaskan oven dengan suhu 200 derajat Celcius. Berikan perkamen kue pada loyang diameter 23 cm, lalu tambahkan sedikit tepung pada loyang tersebut.

2-  Ayak tepung, gula, baking powder, dan setengah sendok teh garam. Tambahkan mentega dengan menggosokkannya dengan ujung jari. Lakukan sampai adonan tersebut rapuh. Tepung akan melapisi mentega dan berbentuk seukuran kacang polong.

3-  Kocok perlahan krim dan telur bersama dalam sebuah tempat kecil.

4- Buat lubang seperti sumur di tengah adonan tepung. Secara bertahap, tambahkan kocokan krim, campur dengan pisau mentega. Aduk sampai semuanya menjadi satu, namun jangan dicampur, karena adonan akan sangat lengket.

5- Masukkan adonan ini ke dalam loyang yang telah diberi tepung tadi. Tepuk-tepuk adonan dengan hati-hati sambil ratakan. Lalu, iris adonan itu menjadi delapan irisan yang sama dan taruh masing-masing irisan di atas loyang datar tanpa cekungan. Oleskan dengan double cream tambahan di atasnya.

6- Masukkan loyang datar itu ke oven dan masak selama sekitar 30 menit. Scone nantinya akan berwarna cokelat keemasan.

7- Jika telah matang, keluarkan roti scones dari oven. Lalu, biarkan dingin selama lima menit, dan sajikan selagi hangat.

Roti scones ini masih bisa bertahan sampai dua hari berikutnya. Namun, keadaan rotinya memang tak sebagus saat keluar dari oven. Sebagai saran, simpan sisa roti scones dalam wadah kedap udara.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement