Saturday, 20 Zulqaidah 1441 / 11 July 2020

Saturday, 20 Zulqaidah 1441 / 11 July 2020

Bisnis Kertas hingga Energi, Ini 8 Perusahaan Besar Milik Prabowo Subianto

Rabu 27 May 2020 10:11 WIB

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id

Bisnis Kertas hingga Energi, Ini 8 Perusahaan Besar Milik Prabowo Subianto. (FOTO: Wahyu Putro A)

Bisnis Kertas hingga Energi, Ini 8 Perusahaan Besar Milik Prabowo Subianto. (FOTO: Wahyu Putro A)

Salah satu perusahaan terkenal yang dimiliki Prabowo adalah Nusantara Energy.

Warta Ekonomi.co.id, Jakarta

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto atau yang memiliki nama lengkap Prabowo Subianto Djojohadikusumo merupakan seorang politikus, Letnan Jendral TNI dan juga aktif sebagai pengusaha. Perusahaan yang dimiliki Prabowo Subianto tercatat bergerak di bidang perkebunan, tambang, batu bara, dan kelapa sawit.

Dikutip dari situs prabowosubianto.info yang dikelola tim komunikasi Partai Gerindra saat Pilpres 2014, salah satu perusahaan terkenal yang dimiliki Prabowo adalah Nusantara Energy yang didirikan pada November 2001.

Baca Juga: Prabowo Titip Pesan Bagi Masyarakat yang Rayakan Idul Fitri di Tengah Pandemi

Perusahaan tersebut didirikan bersama Johan Teguh Sugianto dan Widjono Hardjanto sebagai holding company untuk mengonsolidasikan berbagai sumber daya yang bergerak dalam bidang yang berbeda-beda. Berikut perusahaan lain yang juga dimiliki Prabowo Subianto:

1. PT Tusam Hutani Lestari Tusam Hutani Lestari

Perusahaan yang berada di Nanggroe Aceh Darussalam ini areanya meliputi kawasan pegunungan di Aceh Tengah yang dikelilingi pohon pinus mercusii. Pinus ini menjadi bahan baku utama kertas gelondongan. Konsesi berlaku hingga 2042 untuk area seluas 97.300 hektare.

2. PT Tanjung Redeb Hutani

Perusahaan yang bergerak di bidang kehutanan dan perkebunan ini terletak di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Dengan luas area perkebunan 180.330 hektare, perizinan dan hak pengelolaan perusahaan berlaku hingga 2035.

3. PT Kiani Lestari

Perusahaan pengolahan kertas dan bubur kertas yang terkenal dimiliki Prabowo ini berlokasi di Kalimantan Timur. Luas area industri ini 223.500 hektare. Sebelumnya Kiani milik pengusaha Bob Hasan. Kemudian Prabowo Subianto membeli perusahaan itu dan mengubah namanya menjadi PT Kertas Nusantara.

4. PT Belantara Pusaka

Perusahaan yang berlokasi di Kalimantan Timur dengan luas area perkebunan 15.610 hektare memiliki hak pengelolaan hingga 2035.

5. PT Kiani Hutani Lestari

Selain Kiani Kertas, Prabowo Subianto juga memiliki perusahaan bernama Kiani Hutani Lestari. Perusahaan ini bergerak di bidang kehutanan dan perkebunan berlokasi di Kalimantan Timur dengan area perkebunan seluas 53.083 hektare.

6. Nusantara Energy 

Perusahaan yang didirikan pada bulan November 2001 oleh Prabowo Subianto ini juga dibangun bersama Johan Teguh Sugianto dan Widjono Hardjanto, sebagai holding company untuk mengkonsolidasikan berbagai sumberdaya yang bergerak dalam bidang yang berbeda-beda.

Nusantara Energy memiliki misi untuk mengembangkan berbagai proyek investasi bagi sumber daya alami yang akan memberikan keuntungan dan meningkatkan pendapatan perusahaan dan kesejahteraan sumber daya manusia, pemegang saham, dan pegawainya.

7. Nusantara Kaltim Coal

Anak perusahaan Nusantara Energy yang didirikan pada 2005 ini memiliki hak konsesi meliputi area seluas 60.000 pertambangan batu bara di Kabupaten Kutai Timur, Provinsi Kalimantan Timur.

8. PT. Jaladri Swadesi Nusantara

Perusahaan pengangkapan ikan komersial yang didirikan pada bulan September tahun 2001 ini memiliki sebuah armada senilai 10 juta dolar AS, The Purse Seiner, dengan 1.331 berat GT dan panjang kurang lebih 70 meter. Operasi armada dimulai pada 2002 dan berhasil mencapai produksi 1.000 ton ikan tuna per bulan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA