Rabu 27 May 2020 08:02 WIB

Konser Amal Covid-19 Iwan Fals Tembus Rp 1 Miliar

Dalam konsernya, Iwan ingatkan kekuatan doa di masa sulit seperti sekarang ini.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Musisi Iwan Fals menggelar konser amal virtual melawan Covid-19 bersama Bank Mandiri pada Selasa (26/5) malam (Foto: Iwan Fals)
Foto: Instagram @iwanfals
Musisi Iwan Fals menggelar konser amal virtual melawan Covid-19 bersama Bank Mandiri pada Selasa (26/5) malam (Foto: Iwan Fals)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Musisi Iwan Fals menggelar konser amal virtual melawan Covid-19 bersama Bank Mandiri pada Selasa (26/5) malam. Konser amal ini berhasil mengumpulkan lebih dari Rp 1 miliar.

"Do'a" dan "Ya Allah Kami" menjadi tembang pembuka konser. Diriingi petikan gitar, Iwan berhasil menyuguhkan penampilan yang intim dan menyejukkan.

Baca Juga

Seusai bernyanyi, Iwan kemudian menyapa semua penggemarnya yang menyaksikan konser secara daring. Kepada penggemar ia menyampaikan bahwa kekuatan doa sangat penting di masa-masa sulit seperti sekarang.

Ia pun kemudian mempersembahkan lagu "Ibu" kepada para OI, penggemar Iwan. Bagi penggemar yang tidak bisa mudik dan bertemu orang tua di lebaran tahun ini, alunan tembang "Ibu" terasa sangat lirih nan sendu.

"Restu dari orang tua itu penting disamping doa. Apalagi biasanya, restu itu penuh dengan doa di dalamnya," demikian kata pemilik nama lengkap Virgiawan Listanto itu sesaat sebelum bernyanyi.

Tembang legendaris lainnya yang dibawakan dalam konser amal adalah "Sore Tugu Pancoran". Lagu yang dirilis tahun 1985 ini menggambarkan kerasnya kehidupan ibu kota dan kesenjangan yang kerap terjadi secara gamblang.

Konser terasa kian istimewa, kala Rosana sang istri dan buah hatinya Raya turut memeriahkan konser. Rosana dipercaya memainkan perkusi sekaligus menjadi backing vocal, sementara Raya memainkan bass.

"Oh ya, ngomong cinta kalau enggak manggil Yos gak seru nih. Yos adalah Rosana, saya biasa manggil dia Yos. Ya masa-masa pandemi ini kita makin sering bersama di rumah," kata Iwan kala memanggil Yos dan Raya ke atas panggung.

Bersama Yos dan Raya, Iwan menyanyikan lagu-lagu top seperti 'Damai Kami Sepanjang Hari', 'Esek-esek Udug Udug (Nyanyian Ujung Gang)', 'Hio dan Balad Orang Pedalaman'. Tembang "Buku ini Aku Pinjam" dan "Yang Terlupakan" juga sempat dibawakan Iwan.

Iwan Fals menjadi pembuka Konser Amal di Rumah Aja #bersamamandiri. Konser ini masih akan digelar beberapa pekan ke depan dengan menggandeng beberapa mususi kenamaan seperti Raisa yang akan tampil pasa 6 Juni, Maliq D'Essentials pada 13 Juni dan Kahitna pada 20 Juni. Konser bisa disaksikan di kanal YouTube Bank Mandiri.

Konser amal ini bertujuan untuk menggalang donasi bagi mereka yang terdampak Covid-19. Sekaligus tetap mendukung peraturan pemerintah untuk di rumah saja.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement